(96) Berteman dengan Orang yang Berakhlaq Buruk

518 17 0
                                    

Diantara bahaya yang mengintai kaum wanita adalah bersahabat dengan orang yang berakhlaq buruk. Karena pada dasarnya tabiat (manusia) suka meniru dan kebanyakan akhlaq  manusia itu terbentuk dari pergaulan.

Dari Abu Hurairah radhiallahu'anhu diriwayatkan bahwa Nabi ﷺ bersabda :
"Seseorang itu tergantung dengan agama teman karibnya. Maka hendaknya kalian melihat siapa yang akan dijadikan sebagai teman karibnya". ---Shahiih Sunan Abii Dawuud (III/917) (4046)

Berapa banyak pemudi shalihah yang keesokan harinya menjadi rusak karena bersahabat dengan orang yang lemah imannya, sehingga menjerumuskannya ke dalam dosa dan cela!

Berapa banyak wanita yang istiqamah yang dikemudian harinya menjadi contoh dari perbuatan dosa. Penyebabnya adalah karena dia rela berteman dengan wanita-wanita fasik, hingga dia pun menjadi bagian dari mereka, bahkan serupa dengan mereka!

Berapa banyak kejahatan dan kemaksiatan terjadi karena berteman dengan orang-orang yang lemah imannya dan tipis agamanya. Sehingga jadilah mereka penyeru pada kesesatan dan kerusakan. Kebanyakan yang menjadi korbannya adalah wanita yang dulunya jauh dari mereka, kemudian dia enjoy berteman dengan mereka. Akhirnya rusaklah dia dan tidak ada sesuatu pun yang bisa menyelamatkannya.

Dari Abu Sa'id Al-Khudri radhiallahu'anhu diriwayatkan bahwa ia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda :
"Janganlah bersahabat kecuali dengan seorang mukmin dan janganlah ikut makan bersamamu kecuali orang yang bertaqwa" ---Shahiih Sunani 't-Tirmidzii (II/285) (1952)

100 Dosa yang Diremehkan WanitaWhere stories live. Discover now