(63) Mencari Dunia Dengan Harta

1.1K 31 1
                                    

Sesungguhnya salah satu kehinaan yang paling besar adalah jika ada seorang muslimah yang menjadikan agamanya sebagai tunggangan untuk meraih dunianya. Akhirnya dia hinakan diennya untuk mendapatkan satu teguk kenikmatan dunia yang hina tersebut. Dia tempuh jalan dien, bukan untuk mendapatkan keridhaan Rabbnya, tetapi hanya sekedar untuk memenuhi hajatnya dan mendapatkan harta dunia yang fana serta kemewahan yang akan binasa.

Seperti kondisi seseorang yang belajar dan mengajarkan ilmu syar'i untuk sekedar mendapatkan balasan dunia semata atas pekerjaan yang telah dia lakukan tersebut. Seandainya gaji rutinnya tersebut tidak dibayarkan, niscaya dia akan berhenti bekerja karena memang itulah orientasi dan tujuannya.

Layaknya orang yang ikut perlombaan menghafal al-Qur'an dan as-Sunnah yang hanya sekedar ingin mendapatkan hadiah duniawi saja.

Demikian pula orang yang mengerjakan shalat atau bershadaqah di hadapan manusia agar mendapat kepercayaan dari mereka, sehingga tercapailah apa yang dia inginkan; seperti ingin mendapatkan jodoh, pekerjaan dan sebagianya yang berkaitan dengan kemaslahatan dunia. Allah Ta'ala berfirman :

"Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

"Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan."  (QS. Huud [11] : 15)

Dari Abu Hurairah r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :
"Barangsiapa yang mempelajari suatu ilmu yang diharapkan dapat melihat wajah Allah Ta'ala akan tetapi ia mempelajarinya hanya untuk mendapatkan bagian dari kehidupan dunia, maka ia tidak akan mendapatkan bau surga pada hari kiamat nanti"
---Shahiih Sunan Abii Daawud
(II/697) (3112) dan Shahiih Sunan Ibnii Maajah (I/48) (204)

Dari Ka'ab bin Malik r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :
"Barangsiapa mencari ilmu hanya untuk mendebat para ulama atau melecehkan orang-orang bodoh dan untuk menarik perhatian manusia, niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam neraka" ---Shahiih Sunani 't-Tirmidzii (II/337) (2138)

100 Dosa yang Diremehkan WanitaWhere stories live. Discover now