(48) Menghabiskan Waktu Untuk Memburu Model Pakaian Terbaru

1.9K 66 2
                                    

Diantara hal yang perlu diwaspadai adalah banyaknya wanita yang suka jalan-jalan ke pasar-pasar, padahal di dalamnya terdapat 'manusia serigala' dan 'seruling setan' yang berkeliling di sekitarnya untuk menjerat mereka ke dalam perangkapnya.

Dari Ummu Salamah r.a. diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu 'alahi wasallam bersabda :
"Kalau bisa, janganlah sekali-kali kamu menjadi orang yang pertama kali masuk pasar dan jangan pula menjadi orang yang terakhir kali keluar darinya. Sebab, pasar adalah tempat berkeliarannya setan dan di dalamnya setan mengibarkan benderanya". ---Shahih Muslim (IV/1515) (2451)

Juga karena di dalamnya banyak orang yang lalai dari berdzikir kepada Allah dan berbuat maksiat kepada-Nya, sehingga pasar menjadi tempat yang paling dibenci oleh Allah di muka bumi ini. Apakah engkau senang bersembunyi di tempat yang paling dibenci oleh Allah dan berleha-leha di tempat yang tidak disukai Allah?!

Dari Abu Hurairah r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alahi wasallam bersabda :
"Tempat yang paling dicintai Allah adalah masjid-masjidnya. Sedangkan tempat-tempat yang paling dibenci Allah adalah pasar-pasarnya". ---Shahiih Muslim (IV/388) (671)

Dari Jubair bin Muth'im r.a. diriwayatkan bahwa ia pernah berkata, "Wahai Rasulullah, tempat manakah yang paling dicintai Allah dan tempat manakah yang paling dibenci Allah?" Beliau shallallahu 'alahi wasallam menjawab, "Aku tidak tahu, kecuali setelah aku tanyakan pada Jibril alaihissalam". Maka datanglah Jibril dan memberi tahu beliau shallallahu 'alahi wasallam, "Sesungguhnya tempat yang paling dicintai Allah adalah masjid-masjid dan tempat yang paling dibenci Allah adalah pasar-pasar" ---Diriwayatkan oleh Ahmad, Bazzar dan Abu Ya'la. Lihat Shahiihu 't-Targhiib wa 't-Tarhiib (I/249) (325)

Maka, jauhilah perangkap yang siap menjerat kalian, yakni pasar-pasar!

Dari 'Abdullah bin Mas'ud r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda, "Jauhilah oleh kalian perselisihan, permusuhan dan suara-suara keras yang terjadi di pasar-pasar! ---Shahiih Muslim (I/271) (432)

Umur adalah lahan untuk beramal dan setiap waktu ada masa berakhirnya. Maka janganlah engkau lalai untuk beramal dan menghabiskan waktu dengan kegiatan yang membuang-buang waktu dan hartamu dengan hal-hal yang tidak bermanfaat.

Dari 'Abdullah bin Mas'ud r.a. diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu 'alahi wasallam bersabda :
"Tidak akan bergeser kedua kaki anak Adam kelak pada hari kiamat di sisi Rabbnya hingga ditanya tentang lima hal, yaitu (1) tentang umurnya untuk apa ia pergunakan, (2) tentang masa mudanya untuk apa ia habiskan, (3) tentang hartanya; darimana ia dapatkan dan (4) ke mana ia belanjakan, dan (5) apa yang telah ia amalkan dengan ilmunya" ---Shahiih Sunani 't-Tirmidzii (II/289) (1969)

100 Dosa yang Diremehkan WanitaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang