(91) Zina

1.9K 79 3
                                    

Diantara dosa yang paling keji dan kemaksiatan yang paling mengerikan yang biasa dilakukan sebagian kaum wanita adalah melakukan perbuatan keji yang bernama zina dan terjerumus ke dalam perilaku yang kotor. Allah Ta'ala berfirman :

"Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan keji. Dan suatu jalan yang buruk" (QS. Al-Isra' [17] : 32)

Zina termasuk salah satu dosa besar, pelakunya pasti mendapat hukuman dan adzab dari Allah Ta'ala, baik di dunia maupun di akhirat.

Dari Ibnu 'Abbas r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Apabila perzinaan dan riba telah merajalela di suatu daerah, berarti mereka telah menghalalkan diri mereka mendapat adzab Allah"
---Dikeluarkan oleh Thabrani dan Hakim. Lihat Shahiihu 'l-Jaami' (I/178) (679)

Itu merupakan salah satu buah pahit dari lemahnya keimanan terhadap Allah. Dari Abu Hurairah r.a. diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Tidaklah seorang pezina ketika berzina sementara ia dalam keadaan beriman"
---Shahiihu 'l-Bukhaarii
(VI/599) (5578)

 Masih dari Abu Hurairah r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Jika seseorang berzina, berarti imannya telah keluar dari dirinya. Pada waktu itu iman seperti awan. Jika dia berhenti, maka imannya akan kembali lagi padanya"
---Shahiihu Sunan Abii Daawud
(III/887) (3925) dan Shahiih Sunani 't-Tirmidzii (II/330) (2117).

Pelakunya akan mendapatkan hukuman di dunia ini berupa cambukan seratus kali dan diasingkan selama satu tahun bagi para pezina yang belum menikah (ghairu mukhshan). Sedangkan bagi para pezina yang mukhshan baik yang sudah menikah atau telah menjanda (menduda), dirajam (dilempari) dengan batu sampai mati. Pasalnya dengan melakukan dosa ini, berarti ia telah menghilangkan barakah dan kebaikan dari Rabbnya.

Dari 'Utsman bin Abi 'Ash r.a. diriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Pada pertengahan malam, pintu-pintu langit dibuka. Lalu terdengarlah seruan, 'Siapa saja yang berdo'a, pasti dikabulkan. Siapa saja yang meminta, pasti diberi. Siapa saja yang ditimpa kesulitan, pasti dilapangkan' Sehingga tiada seorang muslim pun yang berdo'a; pasti dikabulkan oleh Allah, kecuali wanita pezina yang mencari penghasilan dengan kemaluannya atau para pemungut pajak"
---Diriwayatkan oleh Ahmad dan Thabrani. Lihat Shahiihu 't-Targhiib wa 't-Tarhiib (II/610) (2391).

Allah telah menetapkan adzab di alam barzakh (kubur) bagi mereka yang terjerumus didalamnya jika belum bertaubat.

Dari Samurah bin Jundab r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam apabila selesai shalat, beliau shallallahu 'alaihi wasallam biasa menghadapkan wajahnya kepada kami, lalu bertanya, "Siapa diantara kalian yang bermimpi semalam?" Perawi melanjutkan, "Jika ada yang bermimpi, ia pun menceritakannya. Lantas beliau shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Maa syaa Allaah" Pada suatu hari, beliau shallallahu 'alaihi wasallam bertanya kepada kami, "Apakah ada diantara kalian yang bermimpi?" Kami menjawab, "Tidak" Beliau shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Kalau aku sendiri, tadi malam aku bermimpi ada dua orang laki-laki yang menemuiku, lantas membawaku pergi ke suatu daerah yang suci..." (Lalu beliau shallallahu 'alaihi wasallam menyebutkan hadits ini, sampai pada sabda beliau shallallahu 'alaihi wasallam)
"...Kemudian kami beranjak menuju ke sebuah lubang seperti tungku api yang sempit bagian atasnya dan luas bagian bawahnya yang sedang dibakar di atas api. Apabila apinya didekatkan; maka meluaplah isi lubang tersebut hingga hampir tumpah. Namun jika apinya dipadamkan; maka isi lubang tersebut kembali masuk lagi. Di dalam lubang tersebut berisi laki-laki dan wanita yang telanjang. Lantas aku bertanya, "Siapakah mereka ini?" Kedua malaikat itu menjawab, "Orang-orang yang Anda saksikan berada di dalam lubang tadi adalah para pezina".
---Shahiihu 'l-Bukhaarii (II/421) (1386).

Adapun di akhirat nanti, maka mereka akan mendapatkan adzab yang pedih. Dari Umamah r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Saya pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "...Kemudian aku dibawa pergi. Tiba-tiba aku telah berada di suatu kaum yang badannya sangat gemuk (menggembung) dan baunya amat busuk seperti bau jamban. Aku bertanya, 'Siapakah mereka itu?' Malaikat menjawab, 'Mereka adalah para pezina laki-laki dan perempuan..."
---
Diriwayatkan oleh Ibnu Huzaimah dan Ibnu Hibban dalam Shahiihnya. Lihat Shahiihu 't-Targhiib wa 't-Tarhiib (II/612) (2393).

Dari Fadhalah bin 'Ubaid r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Ada tiga golongan manusia, jangan tanyakan tentang (adzab) mereka, yaitu (1) seseorang yang memisahkan diri dari jamaah (kaum muslimin) dan bermaksiat kepada imamnya serta mati dalam keadaan bermaksiat; (2) seorang budak perempuan atau laki-laki yang lari dari tuannya, lalu mati; dan (3) seorang wanita yang ditinggal bersafar suaminya, padahal ia telah dicukupi nafkahnya namun ia mengkhianati suaminya (berzina) setelah itu..."
---Shahiih Mawaaridi 'zh-Zham'aan
(I/113) (45).

100 Dosa yang Diremehkan WanitaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang