(54) Menyemir Rambut Dengan Warna Hitam

1.5K 52 0
                                    

Banyak kaum wanita merasa risau dengan uban yang ada di kepalanya, sehingga mereka menyemirnya dengan warna hitam, padahal itu termasuk sesuatu yang diharamkan oleh Allah.

Dari Ibnu 'Abbas r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
"Akan ada suatu kaum di akhir zaman nanti yang menyemir rambutnya dengan warna hitam, seperti tembolok (dada) burung merpati. Mereka tidak akan mencium bau surga"
---Shahiihu Sunan Abii Daawud
(II/793) (3548) dan Shahiihu Sunani 'n-Nasaaii (5075) (4699)

Dari Jabir bin 'Abdillah r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata, "Aku penah diajak menemui Abu Quhafah pada waktu Fath Makkah (penaklukan Kota Mekkah), sementara pada kepala dan jenggotnya seperti pohon tsaghaamah (yaitu pohon yang bunga dan buahnya berwarna putih) karena saking putihnya. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Rubahlah (rambut dan jenggotmu) ini dengan sesuatu, namun hindarilah warna hitam"
---Shahiih Muslim
(III/1334) (2102)

Tidak mengapa mengubah warna uban menjadi warna lain dengan sesuatu yang diperbolehkan oleh Allah Sang Pembuat Syari'at, yaitu dengan daun pacar atau daun katm (sejenis pacar), warna-warna lain yang mirip dengannya ---dengan syarat tidak berwarna hitam--- atau tidak menyerupai orang-orang kafir dan pelaku maksiat ataupun sekedar untuk mencari popularitas.

Dari Abu Hurairah r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
"Sesungguhnya kaum Yahudi dan Nasrani tidak mewarnai rambut, maka selisihilah mereka" ---Shahiihu 'l-Bukhaarii (VII/75) (5899)

Dari Abu Hurairah r.a. pula diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Rubahlah uban ini dengan warna lain, namun jangan menyerupai orang Yahudi" ---Shahiih Sunani 't-Tirmidzii (II/150) (1433)

Dari Abu Dzar r.a. diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
"Sesungguhnya yang paling bagus untuk mengubah warna uban adalah daun pacar dan daun katm (sejenis pacar)" ---Shahiih Sunani 'n-Nasaaii (III/1043) (4702), Shahiih Sunani 't-Tirmidzii (II/150) (1434) dan Shahiih Sunan Ibni Maajah (II/287) (2919)

100 Dosa yang Diremehkan WanitaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang