(53) Bergaya Seperti Lelaki dan Meniru-niru Kaum Lelaki

1.4K 51 3
                                    

Allah Ta'ala telah menciptakan lelaki dan wanita, serta menjadikan masing-masing dari keduanya memiliki kekhususan yang membedakan antara keduanya dan mengharamkan bagi keduanya menyerupai satu dengan lainnya. Allah mencela seorang wanita tomboy (bergaya seperti lelaki) yang meniru gerak-gerik, cara pakaian dan hal lainnya yang merupakan ciri khusus kaum lelaki.

Dari Abu Hurairah r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melaknat seorang lelaki yang mengenakan pakaian wanita dan seorang wanita yang mengenakan pakaian lelaki" ---Shahiih Abii Daawud (II/773) (3454)

Dari 'Aisyah r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam  melaknat wanita yang bergaya seperti lelaki"  ---Shahiih Sunan Abii Daawud (II/773) (3455)

Dari 'Abdullah bin 'Umar r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
"Ada tiga golongan manusia yang tidak akan dilihat oleh Allah pada hari kiamat nanti, yaitu (1) seorang yang durhaka kepada kedua orangtuanya, (2) seorang wanita yang bergaya seperti lelaki dan (3) dayuts (seorang suami yang tidak cemburu istrinya berbuat serong)" ---Shahiih Sunani 'n-Nasaaii (2562)

Dari Ibnu 'Abbas r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melaknat laki-laki yang bertingkah laku seperti wanita dan wanita yang bertingkah laku seperti laki-laki" ---Shahiihu 'l-Bukhaarii (VII/72) (5885)

Diantara contohnya ---hanya sekedar contoh saja, bukan terbatas padanya--- adalah apa yang dikerjakan sebagian wanita yang memotong rambutnya dengan model rambut lelaki, yaitu memotong sebagiannya dan menyisakan yang lainnya. Hal tersebut mirip dengan potongan rambut model qaza' (kuncung) yang diharamkan oleh Allah.

Dari Ibnu 'Umar r.a. diriwayatkan bahwa, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang memotong rambut dengan model qaza' (kuncung)" ---Shahiihu 'l-Bukhaarii (VII/79) (5921)

100 Dosa yang Diremehkan WanitaTahanan ng mga kuwento. Tumuklas ngayon