(15) Meremehkan Dalam Urusan Thaharah

2K 109 0
                                    

Salah satu perkara memalukan yang sering dikerjakan sebagian kaum wanita adalah meremehkan dalam urusan thaharah (bersuci) dan acuh tak acuh untuk bersuci dari kencing dan membersihkannya. Dia tidak mengetahui bahwa hal itu merupakan salah satu sebab yang paling besar seseorang mendapatkan adzab kubur, kita berlindung kepada Allah darinya! Dari Abu Hurairah r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallalllahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Yang paling banyak menyebabkan seseorang mendapatkan adzab kubur adalah karena tidak berhati-hati dalam kencing". --Shahiih Sunan Ibni Maajah (I/61) (278)

Dari Ibnu 'Abbas r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallalllahu 'alaihi wasallam keluar dari salah satu pagar kota Madinah. Tiba-tiba beliau shallalllahu 'alaihi wasallam mendengar suara dua orang yang sedang diazab di kubrunya. Maka beliau shallalllahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Keduanya tengah diazab. Keduanya tidak diazab karena dosa besar, namun bernilai besar (di sisi Allah). Salah satunya adalah tidak mencari tempat nyang tertutup ketika kencing. Sedangkan yang satunya lagi suka mengadu domba". --Shahiihu 'l-Bukhaarii (VII/113) (6055)

Bersuci adalah syarat sahnya shalat dan ia merupakan bagian dari keimanan. Dari 'Ali bin Abi Thalib r.a. diriwayatkan bahwa Nabi shallalllahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Kunci shalat adalah bersuci, pembukanya adalah takbir dan penutupnya adalah salam".--Shahiih Sunani 't-Tirmidzii (I/4) (3), Shahiih Abii Daawud (I/15) (55) dan Shahiih Sunan Ibni Maajah (I/51) (222)

100 Dosa yang Diremehkan WanitaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang