(78) Memiliki Dua Wajah dan Dua Lisan

929 37 0
                                    

Sebagian wanita ada yang mempunyai sifat seperti bunglon. Setiap hari selalu berubah warna. Dia datang kepada orang-orang dengan warna tertentu, kemudian pergi kepada orang lain dengan warna lainnya. Dia tidak mempunyai pendirian. Dia tampakkan kecintaan dan suka memberi nasihat kepada suatu kaum, begitu bergantung dan takut kepadanya. Namun ketika sudah berpisah dari mereka, berubahlah sikapnya menjadi permusuhan. Dia cela dan caci-maki mereka. Dia tampakkan aib mereka. Dan dia beberkan rahasia mereka. Demikian pula yang dilakukannya terhadap orang lain.

Dari 'Ammar bin Yasir r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata; Saya pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
من كان له وجهان في الدنيا كان له يوم القيامة لسانان من نار
"Barangsiapa mempunyai dua wajah ketika di dunia, maka pada hari kiamat nanti dia akan mempunyai dua lisan dari api neraka". ---Shahiih Sunan Abii Daawud (III/922) (4078).

Dari Abu Hurairah r.a. diriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Engkau akan dapatkan sejelek-jelek manusia di sisi Allah pada hari kiamat nanti adalah orang yang mempunyai dua wajah. Yakni yang datang kepada suatu kaum dengan satu wajah dan datang ke kaum lainnya dengan wajah yang lain pula". ---Shahiihu 'l-Bukhaarii (VIII/458) (7179). Shahiih Muslim (IV/1596) (2526).
Masih dari Abu Hurairah r.a. diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Tidak selayaknya orang yang memiliki dua wajah menjadi orang yang dipercaya". ---Shahiihu 'l-Adabi 'l-Mufrad (130) No. 238

Begitu pula setan akan menggoda dan membujuknya bahwa dia belum berbuat apa-apa kepada mereka kecuali setelah mencela mereka. Sehingga hal ini dijadikan sebagai jalannya sepanjang hidupnya. Yaitu dengan dua wajah dan dua lisan. Dia makan daging-daging manusia dengan celaan dan kedustaan untuk memakan potongan-potongan hidangan dan menjadikannya sebagai kebiasaan.

Dari Mustaurid r.a. diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Barangsiapa memakan satu suap saja hak seorang muslim, maka Allah akan memberinya makan dengan yang semisal dari Neraka Jahannam. Barangsiapa memakai satu pakaian saja milik seorang muslim, maka Allah Ta'aala akan memberinya pakaian dari Neraka Jahannam. Dan barangsiapa berdiri di depan seorang muslim dengan riya' dan sum'ah (sejenis riya') maka Allah akan mendirikannya pula dengan riya' dan sum'ah pada hari kiamat nanti". --- Shahiih Sunan Abii Daawud (III/923) (4085)

100 Dosa yang Diremehkan WanitaWhere stories live. Discover now