(93) Melihat Hal-hal yang Diharamkan

649 64 0
                                    

Yang patut disayangkan pada sebagian kaum wanita adalah begitu mudahnya mereka memandang hal-hal yang diharamkan. Mereka tidak mau menundukkan pandangan mereka terhadap hal-hal yang diharamkan oleh Allah. Mereka mengira bahwa menundukkan pandangan itu hanya khusus bagi kaum laki-laki, bukan wanita. Allah تعالى berfirman :

"Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, 'Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Mahamengetahui apa yang mereka perbuat. Katakanlah kepada wanita yang beriman, 'Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya...'"
(Qur'an Surat An-Nur [24] : 30-31)

Dari Jarir bin 'Abdillah رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ diriwayatkan bahwa ia berkata, "Aku pernah bertanya kepada Rasulullah ﷺ tentang pandangan yang sesaat yang tidak disengaja. Maka Beliau ﷺ memerintahkan aku agar mengalihkan pandanganku"
Shahiih Muslim (III/1355) (2159)

Dari Buraidah رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah ﷺ bersabda :
"Wahai 'Ali, janganlah engkau ikuti pandangan (pertama) dengan pandangan (berikutnya). Karena pandangan pertama itu bagimu, sedangkan yang berikutnya tidak halal bagimu" Shahiih Sunan Abii Dawuud (II/403) (1881)

Berapa banyak wanita yang menyaksikan film-film jorok di berbagai channel parabola dan gambar-gambar porno di berbagai majalah yang terbit berkala. Padahal, di dalamnya terdapat gambar-gambar yang membinasakan lagi hina yang bisa membuat kulit merinding dan meluluhlantakkan gunung-gunung yang kokoh. Mereka tidak merasa malu kepada Allah yang senantiasa melihat mereka. Padahal, segala kondisi mereka tidak ada satupun yang luput dan tersembunyi dari-Nya.

Dari Abdullah bin Mas'ud رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah ﷺ bersabda, "Malulah kepada Allah dengan sebenar-benarnya". Kami berkata, "Wahai Nabi Allah, sesungguhnya kami benar-benar merasa malu, الحَمْد لله". Beliau ﷺ bersabda, "Bukan itu yang dimaksudkan. Akan tetapi yang disebut dengan malu kepada Allah dengan sebenar-benarnya adalah engkau menjaga kepala (mata) dan segala apa yang disaksikannya, menjaga perut dan segala apa yang masuk ke dalamnya dan mengingat kematian beserta siksaan yang akan menimpanya. Barangsiapa yang menginginkan (kehidupan) akhirat, maka tinggalkanlah perhiasan dunia. Dan barangsiapa yang melakukan semua itu, berarti telah merasa malu"
Shahiih Sunani 't-Tirmidzii (II/299) (2000)

Adakah sama wanita yang menahan pandangannya ketika melihat kaum laki-laki dengan wanita yang memandang kaum laki-laki dengan mata terbelalak tanpa merasa malu dan tanpa berkedip?!

Dari Mu'awwiyah bin Haidah رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah ﷺ bersabda :
"Tiga golongan manusia yang mata mereka tidak akan pernah melihat neraka, yaitu (1) mata yang berjaga-jaga di jalan Allah (2) mata yang menangis karena takut kepada Allah dan (3) mata yang menahan diri dari (melihat) hal-hal yang diharamkan Allah"
Diriwayatkan oleh Thabrani. Lihat Shahiihu 't-Targhib wa 't-Tarhiib (III/300) (3326)

100 Dosa yang Diremehkan WanitaWhere stories live. Discover now