(92) Berjabat Tangan dengan Kaum Laki-laki

659 52 0
                                    

Termasuk kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh sebagian kaum wanita adalah berjabat tangan dengan kaum laki-laki dan tidak merasa takut terhadap dampak negatif yang ditimbulkan dari jabat tangan tersebut, berupa fitnah dan nafsu syahwat pada kaum laki-laki. Oleh karena itu, Islam mengharamkannya untuk menjaga kehormatan dan hati serta mencegah dari talbis (perangkap) iblis.

Dari Ma'qil bin Yasar رضي الله عنه diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah ﷺ bersabda :

"Sungguh kepala salah seorang di antara kalian ditusuk dengan jarum besi itu lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang tidak halal baginya". ---Diriwayatkan oleh Ar-Rawiyani dalam Musnadnya dan Thabrani serta Baihaqi. Lihat As-Silsilatu 'sh-Shahiihah (I/393) (224)

Termasuk zina tangan adalah bersentuhan dengan (tangan) kaum laki-laki. Dari Abu Hurairah رضي الله عنه diriwayatkan bahwa ia berkata Rasulullah ﷺ bersabda :

"Setiap anak Adam pasti pernah berzina tanpa kecuali. Zina mata adalah dengan melihat dan zina tangan adalah dengan menyentuh. Nafsu akan menyukai dan membayang-bayangkan. Sementara yang membenarkan atau mendustakan semua itu adalah kemaluan." ---Dikeluarkan oleh Ahmad dalam Al-Musnad. Lihat As-Silsilatu 'sh-Shahiihah (II/2-6) (2804). Sedangkan hadits aslinya ada dalam Ash-Shahiihain, tanpa lafazh "menyentuh"

Seorang Muslimah bisa saja berdalih dengan mengatakan bahwa hatinya bersih dan niatnya baik. Tidak ada syahwat ataupun niat jahat ketika berjabat tangan, karena itu hanyalah tradisi yang terjadi pada kaumnya. Maka aku katakan, "Apakah hatinya dan hati para lelaki itu lebih baik dan lebih suci dari sebaik-baik manusia, Muhammad ﷺ yang tidak pernah berjabat tangan dengan kaum wanita, sampai-sampai dalam baiat, begitu pula dalam peristiwa penting lainnya? Akan tetapi, beliau ﷺ cukup menerima apa yang dikatakan oleh lisan-lisan wanita tersebut tanpa menyentuh tangan mereka. Maka apakah peristiwa tersebut tidak menjadi pelajaran bagi mereka yang menjalankan tradisi lebih utama daripada mentaati sebaik-baik mahluk, Muhammad ﷺ?"

Dari Umaimah binti Ruqoiqoh رضي الله عنهم bahwa ia berkata : Rasulullah ﷺ bersabda :
"Sesungguhnya aku tidak pernah berjabat tangan dengan kaum wanita".
Shahiih Sunani 'n-Nasaai
(III/876) (3897) dan Shahiih Sunan Ibni Maajah (II/144) (2323)


100 Dosa yang Diremehkan WanitaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang