(46) Membuka Aurat di Hadapan Orang Lain Meskipun di Hadapan Kaum Wanita

2.4K 94 1
                                    

Wanita tidak boleh membuka auratnya di depan orang lain kecuali dalam keadaan darurat (terpaksa) yang mengharuskan untuk membukanya. Jadi, wanita wajib menutup auratnya meskipun di hadapan para wanita kecuali yang biasa nampak diantara mereka, seperti membuka kepala, kedua tangan, kedua kaki, lutut dan bawahnya sedikit. Sedangkan yang sering terjadi di berbagai kolam renang, gedung-gedung resepsi dan sebagian acara-acara resmi, dengan mempertontonkan sebagian besar badannya sampai kelihatan punggung, perut dan kedua pahanya adalah sesuatu yang jelas diharamkan sesuai syari'at. Betapa banyak diantara kita yang telah tertimpa musibah dan aib ini! Tidak jauh berbeda dengan hal itu adalah apa yang sering terjadi di salon-salon kecantikan, yaitu mencabut bulu paha dan bulu sekitar kemaluan oleh para karyawan salon-salon kecantikan itu. Tidak ada yang rela mengerjakan hal tersebut kecuali mereka yang sedikit rasa malunya dan dangkal pengetahuan diennya.

Dari Jarhad r.a. diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pernah berlalu di hadapannya ketika kedua pahanya dalam keadaan terbuka. Maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
"Tutuplah pahamu, karena itu termasuk aurat" ---Shahiih Sunani 't-Tirmidzii (II/364) (2245)

Dari Abu Sa'id Al-Khudri r.a. diriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
"Seorang lelaki tidak boleh melihat aurat lelaki lainnya dan seorang wanita tidak boleh melihat aurat wanita lainnya. Janganlah seorang lelaki tidur dengan lelaki lainnya dalam satu selimut dan janganlah seorang wanita itu tidur dengan wanita lainnya dalam satu selimut" ---Shahiih Muslim (I/222) (338)

Dari Jabir bin Shakhr r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
"Sesungguhnya kita dilarang menampakkan aurat kita" ---Dikeluarkan oleh Hakim dalam Al-Mustadrak. Lihat As-SIlsilatu 'sh-Shahiihah (IV/281) (1706)

100 Dosa yang Diremehkan WanitaWhere stories live. Discover now