(5) Mendatangi Tukang Sihir atau Dukun

2.7K 196 2
                                    

Termasuk amalan yang membinasakan dan menghinakan adalah mendatangi dukun, tukang sihir, tukang ramal, ahli nujum (peramal dengan bintang --ed), peramal dengan rumah kerang, peramal dengan membaca di cangkir, orang yang meramal di atas pasir, orang yang meramal dengan membaca telapak tangan, orang yang meramal sesuatu yang masih gahib, mengaku bisa menyingkap sesuatu yang tersembunyi dan memberitahu sesuatu yang akan datang kecuali yang sudah disebutkan oleh dalil syar'i dari Kitabullah dan sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

Tidak ada yang mengetahui hal yang ghaib selain Allah dan tidak ada yang mengetahui apa yang akan terjadi di masa yang akan datang kecuali Dzat Yang Maha Mengetahui segala sesuatu. Mengetahui hal ghaib adalah sifat Allah yang tidak ada seorang pun bersekutu dengan-Nya dalam masalah ini, baik seorang nabi yang diutus maupun malaikat yang paling dekat kedudukannya dengan Allah. Barangsiapa yang mengaku mengetahui hal-hal ghaib, maka dia telah mengada-adakan kedustaan terhadap Allah Ta'ala. Dan barangsiapa yang membenarkan terhadap apa yang diucapkannya, maka ia telah kafir kepada Allah dan mendustakan wahyu, serta memberikan kepada mahluk yang lemah sesuatu yang tidak berhak ia punyai, yaitu sifat Allah yang tidak sepantasnya dimiliki kecuali oleh Allah Ta'ala.

Allah Ta'ala berfirman :

Allah Ta'ala berfirman :

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

"...padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya syaitan-syaitan lah yang kafir (mengerjakan sihir)..." (QS. Al-Baqarah [2] : 102)

Dari Abu Hurairah r.a diriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Barangsiapa mendatangi seorang dukun, kemudian membenarkan apa yang diucapkannya, maka dia telah kafir terhadap apa yang diturunkan kepada Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam". (Shahiih Sunan Abiik Daawud (II/739) (3304) dan Shahiih Sunani 't-Tirmidzii (I/44) (116) serta Shahiih Sunan Ibni Maajah (I/105) (523)

Dari sebagian istri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam diriwayatkan bahwa mereka berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Barangsiapa mendatangi seorang tukang ramal, kemudian menanyakan tentang suatu hal, maka tidak akan diterima shalatnya selama empat puluh hari". (Shahiih Muslim (IV/1297) (2230)

Sihir dengan segala bentuknya, baik sihir 'athf (pelet) ataupun sihir shoaf (membikin benci) kedua-duanya termasuk dosa yang paling besar dan bahaya yang paling dahsyat. Dari ABu Hurairah r.a diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Jauhilah oleh kalian tujuh hal yang membinasakan. Ada yang bertanya, "Apa sajakah itu?". Beliau shallallahu 'alaihi wasallam menjawab, "Syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan cara yang benar, memakan harta riba, lari saat berkecamuknya perang, memakan harta anak yatim dan menuduh wanita-wanita yang baik-baik, yang lengah lahi beriman berbuat zina". (Shahiih Muslim (I/88) (89)

Dari Abu Musa Al-Asy'ari r.a diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Tidak akan masuk surga pecandu khamr, yang mempercayai sihir dan yang memutuskan tali silaturrahmi" (Dikeluarkan oleh Ibnu Hibban dalam Shahiihnya. Lihat As-Silsilatu 'sh-Shahiihah (II/2950) (678)

100 Dosa yang Diremehkan WanitaWhere stories live. Discover now