(86) Menyombongkan Diri di Hadapan Manusia

600 28 4
                                    

Diantara penyakit mematikan yang menyerang hati sebagian kaum wanita adalah penyakit sombong, merasa lebih tinggi dari orang lain, berbangga diri dan merendahkan orang lain.

Marilah kita perhatikan perlakuan sebagian kaum wanita terhadap pembantunya. Bagaimana dia menghinakan dan melihat dengan sebelah mata kepada pembantunya, sehingga dia tidak mau makan bersamanya, tidak mau berkata lemah-lembut kepadanya, bahkan merasa gengsi jika duduk, berbicara dan makan bersamanya.

Lihatlah bagaimana dia bermuamalah dengan orang yang lebih rendah status sosialnya dalam masyarakat atau dalam pekerjaan, atau pun lebih muda umurnya. Bagaimana dia berbicara tentang mereka dan dengan mereka. Dan bagaimana dia merasa jijik kepada mereka ketika mendengar nasihat atau peringatan dari mereka, sehingga dia menolak kebenaran dan merendahkan orang lain.

Dari Abu Hurairah r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Allah Ta'ala berfirman, 'Kesombongan adalah pakaianku, sedangkan keagungan adalah selimutku. Barangsiapa menyamai-Ku dalam salah satu dari dua hal tersebut, niscaya Aku akan melemparkannya ke dalam neraka.'" ---Shahiih Sunan Abi Daawud (II/770) (3446) dan Shahiih Sunan Ibni Maajah (II/405) (3365).

Dari 'Amru bin Syu'aib, dari ayahnya, dari kakeknya diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam  bersabda :

"Orang-orang yang sombong akan dikumpulkan pada hari kiamat nanti layaknya sebutir biji sawi dalam wujud manusia. Mereka diliputi kehinaan dari setiap penjuru. Lantas mereka digiring ke sebuah penjara di Jahannam yang bernama 'Bulas'. Api neraka akan mengangkat-angkat mereka dan mereka diberi air minum ampasnya penghuni neraka yang berupa lumpur nanah". ---Shahiih Sunani 't-Tirmidzii (II/304) (2025).

Dari Abu Hurairah r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Ketika seorang laki-laki sedang berjalan dengan sombong, merasa bangga dengan dirinya sendiri. Maka Allah menenggelamkannya ke dalam perut bumi. Sehingga dia berteriak-teriak di dalamnya sampai hari kiamat nanti." ---Shahiihu 'l-Bukhaarii (VII/44) (5789) dan SHahiih Muslim (III/1316) (2088).

Dari 'Abdullah bin Mas'ud r.a. diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Tidaklah akan masuk surga orang yang di dalam hatinya ada keseombongan walaupun hanya sebesar biji sawi" ---Shahiih Muslim (I/90) (149).

Dari Ibnu 'Umar r.a. diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Barangsiapa yang merasa bangga dengan dirinya sendiri ata berjalan dengan sombong, niscaya dia akan menemui Allah Ta'ala dalam keadaan Dia murka kepadanya." ---Shahiihu 'l-Adabi 'l-Mufrad, hal. 207, no. 427.

100 Dosa yang Diremehkan Wanitaحيث تعيش القصص. اكتشف الآن