(71) Namimah

980 33 0
                                    

Sesungguhnya setan mempunyai banyak penolong yang turut mengibarkan panjinya. Mereka membantu dan menduduki posisinya untuk menghasut manusia, menyebarkan ucapan yang bisa menimbulkan permusuhan, melahirkan kedengkian dan membangkitkan dendam kesumat maupun api permusuhan diantara manusia. Mereka berjalan ke sana ke mari untuk mengadu domba dan menyalakan api permusuhan di antara manusia.

Dari Abu Hurairah r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda, "Sesungguhnya orang yang paling aku cintai di antara kalian adalah orang yang paling baik akhlaqnya, yang lemah lembut perangainya dan yang berlaku ramah. Sedangkan orang yang paling aku benci di antara kalian adalah orang yang berjalan ke sana ke mari untuk mengadu domba, yang memecah belah orang yang bersaudara dan yang mencari-cari aib orang lain agar manusia menjauhinya" ---Diriwayatkan oleh Thabrani dalam Ash-Shaghiir dan Al-AUsath. Lihat Shahiihu 't-Targhiib wa 't-Tarhiib (III/12) (2658)

Berapa banyak rumah tangga menjadi hancur, cinta kasih berantakan, hubungan kerabat terputus, darah terkucur, kehormatan ternodai, persaudaraan renggang dan persatuan tercabik-cabik akibat dari adu domba dan hasil buruk yang ditimbulkannya. Allah Ta'ala berfirman :

"Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina, yang banyak mencela, yang kian ke sana ke mari menghambur fitnah"

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

"Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina, yang banyak mencela, yang kian ke sana ke mari menghambur fitnah". (QS. Al-Qalam [68] : 10 - 11)

Dari Hudzaifah r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Saya pernah mendengar Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda :
"Tidak akan masuk surga orang yang banyak memfitnah" ---Shahiihu 'l-Bukhaarii (VII/113) (6056)

Dalam riwayat yang lain :
"Tidak akan masuk surga orang yang banyak mengadu domba" ---Shahiih Muslim (I/96) (105)

Cukuplah bagi mereka apa yang diancamkan Allah berupa adzab kubur karena perbuatan mereka yang telah menipu hati dan menimbulkan kerusakan!

Dari Ibnu 'Abbas r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata, "Nabi shallallahu'alaihi wasallam pernah melewati dua kuburan, lantas beliau shallallahu'alaihi wasallam bersabda, "Keduanya sedang disiksa. Keduanya tidak disiksa karena dosa besar. Salah satunya disiksa karena selalu berusaha mengadu domba, sedangkan yang lainnya karena tidak mencari tempat yang tertutup ketika buang air" ---Shahiihu 'l-Bukhaarii (II/420) (1378)

100 Dosa yang Diremehkan WanitaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang