(68) Melaknat

571 33 0
                                    

Hal-hal syar'i yang diharamkan oleh Allah, namun diremehkan oleh sebagian wanita adalah melaknat, yaitu menjauhkan seseorang dari rahmat Allah.

Dari 'Abdullah bin Mas'ud r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda :
"Seorang mukmin itu bukanlah orang yang suka mencela, melaknat, berkata keji dan kotor" ---Shahiih Sunan 't-Tirmidzii (II/189) (1610)

Dari Abu Darda' r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda :
"Para pelaknat itu tidak bisa memberi syafaat dan menjadi saksi pada hari kiamat nanti" ---Shahiih Muslim (IV/1592) (2598)

Dari Ibnu 'Umar r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda, "Seorang mukmin itu bukanlah orang yang suka melaknat" ---Shahiih Sunani 't-Tirmidzii (II/197) (1643)

Yang mengherankan lagi, ada sebagian wanita yang tidak pernah melaknat dan mendo'akan keburukan terhadap orang-orang Yahudi dan Nasrani, namun justru melaknat orang yang paling dekat dengannya, yaitu; para kerabat dan anak-anaknya, suami dan orangtuanya. Ini merupakan musibah besar dan kejahatan yang luar biasa terhadap hak mereka. Pasalnya, do'a dan laknat yang ia lontarkan, kadangkala bertepatan dengan waktu yang dikabulkan oleh Allah, sehingga terbukalah pintu-pintu langit, kemudian orang yang dilaknat tadi, dalam waktu sekejap akan mendapatkan kemurkaan dari Allah. Itulah yang diesebut dengan pembunuhan!

Dari Tsabit bin Dhahak r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda :
"Barangsiapa melaknat seorang mukmin, maka seolah-olah dia telah membunuhnya" ---Shahiih 'l-Bukhaarii (VII/111) (6047)

Dari Abu Darda' r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda, "Sesungguhnya seorang hamba, jika melaknat sesuatu, maka laknat tersebut akan naik ke langit, lantas pintu-pintu langit pun akan tertutup dari yang selainnya. Kemudian laknat tersebut akan turun lagi ke bumi, lantas pintu-pintu bumi pun akan tertutup dari yang selainnya pula. Jika tidak mendapatkan satu jalan pun untuk lewat, maka laknat tersebut akan mengenai orang yang dilaknat tadi. Itu pun jika ia memang layak mendapat laknat tersebut. Jika tidak, maka laknat tersebut akan kembali kepada orang yang melaknat"
---Shahiih Sunan Abii Daawud
(III/927) (4099)

Dari Samurah bin Jundab r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda :
"Janganlah kalian saling melaknat dengan mengucapkan, 'Semoga laknat dan kemurkaan Allah menimpamu' atau mengucapkan, 'Semoga Allah memasukkanmu ke dalam neraka'"---Shahiih Sunani 't-Tirmidzii (II/189) (1609)

100 Dosa yang Diremehkan WanitaWhere stories live. Discover now