(82) Berkata Kotor dan Keji

751 48 0
                                    

Diantara perbuatan haram yang sering terjadi pada sebagian wanita adalah suka berkata keji dan kotor. Boleh jadi dia mengatakan suatu perkataan yang meluncur bwgitu saja, ternyata akan membuat cacat dien, akal dan kehormatannya. Dia tidak bisa mwnjaga diri dari sifat-sifat jelek dan icapan-ucapan yang kotor. Lisannya hanya bisa mencela, mencerca dan menjelek-jelekkan, merendahkan dan menghina orang lain. Sehingga membangkitkan kedengkian, meledak-ledakkan emosional, mengobarkan permusuhan dan menggelitik syahwat. Karena lisannya tersebut, terjadilah berbagai kejahatan yang hanya Allah saja yang Maha-mengetahui sedikit-banyaknya.

Dari Anas r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Tiada perbuatan keji hinggap pada sesuatu kecuali akan menodainya dan tiada rasa malu hinggap pada sesuatu kecuali akan menghiasinya". ---Shahiih Sunan 't-Tirmidzii (II/189) (1608) dan Shahiih Sunan Abii Daawud (II/407) (3374).

Dari Abu Hurairah r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Rasa malu adalah bagian dari iman dan iman itu akan menghantarkan ke surga. Berkata kotor itu adalah termasuk akhlaq yang jelek dan akhlaq yang jelek itu akan menghantarkan ke neraka". ---Shahiih Sunan 't-Tirmidzii (II/195) (1634).

Dari 'Abdullah bin Mas'ud diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Seorang mukmin itu bukanlah orang yang suka mencaci-maki dan melaknat, berkata keji dan kotor". ---Shahiih Sunan 't-Tirmidzii (II/189) (1610).

Oleh karena itu, jagalah lisanmu sebelum menghantarkanmu kepada kebinasaan. Karena kebanyakan dosa adalah berawal darinya. Dari Abu Wa'il diriwayatkan bahwa 'Abdullah bin Mas'ud r.a. pernah naik ke atas bukit Shafa, lalu memegang lisannya seraya berkata, "Wahai lisan! Katakanlah yang baik, niscaya engkau akan beruntung dan diamlah dari berkata buruk, niscaya engkau akan selamat sebelum engkau menyesal". Kemudian ia berkata, "Saya pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Kebanyakan dosa anak Adam adalah disebabkan oleh lisannya". ---Diriwayatkan oleh Thabrani dan Abu Syaikh dalam Ats-Tsawaab dan Baihaqi. Lihat Shahiihu 't-Targhiib 't-Tarhiib (III/93) (2872).

Dari Harits bin Hisyam r.a. diriwayatkan bahwa ia pernah berkata kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, "Beritahukanlah kepadaku tentang suatu perkara yang aku bisa berpegang teguh dengannya" Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Jagalah ini!" Beliau menunjuk ke arah lisannya. ---Diriwayatkan oleh Thabrani. Lihat Shahiihu 't-Tharghiib wa 't-Tarhiib (II/87) (2864).

100 Dosa yang Diremehkan WanitaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang