(17) Tidak Menyempurnakan Wudhu

2.2K 130 1
                                    

Diantara bentuk peremehan dalam ibadah yang sering dikerjakan sebagian wanita adalah tidak perhatian dalam menyempurnakan wudhu sebagaimana yang telah disyari'atkan. Dia berwudhu dengan cepat, tidak bersungguh-sungguh dalam membasuhnya dan tidak pula memperhatikannya. Namun hanya sekedar membasahi anggota tubuhnya dengan air tanpa digosok atau disempurnakan basuhannya. Sehingga ada sebagian anggota tubuhnya yang tidak dibasahi air, terutama bagian telapak kaki dan kedua mata kakinya.

Dari 'Abdullah bin 'Amru r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata, "Dalam sebuah perjalanan, Rasulullah shallalllahu 'alaihi wasallam tertinggal oleh kami, Beliau shallalllahu 'alaihi wasallam berhasil menyusul kami ketika waktu shalat telah tiba, sementara kami sedang berwudhu. Kami mulai mengusap kaki-kaki kami, maka beliau shallalllahu 'alaihi wasallam menyeru dengan suara keras (perhatikanlah! dengan suara beliau shallalllahu 'alaihi wasallam yang keras, sehingga permasalahannya tidak sebagaimana yang disangka oleh perempuan-perempuan bodoh bahwa beliau shallalllahu 'alaihi wasallam berkata dengan suara yang lembut. Sehingga di antara mereka ada yang berkata, "Jangan berkata keras kepada kami!"  

"Celakalah bagi orang-orang yang lalai mencuci tumitnya", beliau shallalllahu 'alaihi wasallam mengucapkannya dua atau tiga kali. --Shahiih 'l-Bukhaarii (I/26) (60)

Dalam riwayat lain, beliau shallalllahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Celakalah bagi orang-orang yang lalai mencuci tumit dan bagian dalam telapak kakinya". --Shahiih Sunani 't-Tirmidzii (I/15) (38)

Oleh karena itu, Rasulullah shallalllahu 'alaihi wasallam selalu menganjurkan para sahabatnya agar memperhatikan bagian dalamk telapak-telapak kaki dan menyela-nyela di antara jari-jemari, sehingga air bisa mencapai seluruh anggota tubuh (yang harus dibasuh ketika berwudhu, --penerj.). Dari 'Ashim bin Laqith bin Shabirah dari bapaknya diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallalllahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Sempurnakanlah wudhu dan bersihkanlah antara jari-jemari". --Shahiih Sunan Abii Daawud (I/30) (129) dan Shahiih Sunan Ibni Maajah (I/75) (362)

Dari 'Abdullah bin Mas'ud r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallalllahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Kamu mau bersusah-payah membersihkan jari-jemari ataukah kamu akan bersusah-payah di neraka nantinya". --Diriwayatkan oleh Thabrani dalam Al-Ausath. Lihat Shahiihu 't-Targhiib wa 't-Tarhiib (I/205) (218)

100 Dosa yang Diremehkan WanitaWhere stories live. Discover now