(33) Melarang Suami Mempunyai Anak Tanpa Udzur

2K 59 0
                                    

Diantara tujuan yang paling agung dari pernikahan adalah memperbanyak keturunan; agar keluar dari tulang sulbi kaum mukminin generasi baru yang akan membawa panji dien ini, sehingga memperkokoh kekuatan kaum muslimin. Akhirnya, amal ketaatan pun semakin banyak yang mengerjakan, sehingga memperberat timbangan umat di sisi Rabbnya, dan terbuka pula amal ketaatan bagi kedua orangtua disaat mengasuhnya, sehingga memperbanyak pahalanya. Oleh karena itu, melarang suami mendapatkan keturunan tanpa ada suatu udzur (alasan) yang bisa diterima dan tanpa seizin darinya adalah tidak dibolehkan secara syar'i. Hal tersebut merupakan bentuk kezhaliman terhadap suami dan menghalangi haknya dalam memperbanyak keturunan dan mengusung namanya setelah ia meninggal dunia, membantunya di dunia dan mendo'akannya kelak di akhirat.

Dari Ma'qil bin Yasar r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata, "Seorang laki-laki pernah datang menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam seraya berkata, 'Aku tertarik kepada seorang perempuan yang memiliki keturunan baik dan wajah yang menawan, namun ia tidak subur, bolehkah aku menikahinya?' Beliau shallallahu 'alaihi wasallam menjawab,'Jangan!' Kemudian laki-laki itu datang untuk kedua kalinya. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam pun kembali melarangnya. Kemudian ia datang lagi untuk yang ketiga kalinya. Lantas beliau shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Nikahilah wanita yang penyayang dan subur (banyak anak). Karena aku merasa bangga dengan kalian atas umat-umat lain"" --Shahiih Sunan Abii Daawud (II/382) (1805) dan Shahiih Sunan 'n-Nasaa'i (II/680) (3026)

Dari Anas r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Sebaik-baik istri kalian adalah yang penyayang, banyak anak, baik hati dan suka membantu, jika mereka bertaqwa kepada Allah..." --Diriwayatkan oleh Baihaqi dalam As-Sunan. Lihat As-Silsilatu 'sh-Shahiihah (IV/464) (1849)

100 Dosa yang Diremehkan WanitaNơi câu chuyện tồn tại. Hãy khám phá bây giờ