(49) Meniru-niru Para Wanita Kafir atau Fasik

1.7K 63 0
                                    

Meniru-niru (tasyabbuh) dengan para wanita kafir atau fasik dari kalangan kaum muslimin merupakan bukti bahwa hatinya merasa senang, condong dan kagum kepada mereka. Karena meniru dengan apa yang ada di luar (zhahir) menunjukkan kesesuaian dengan apa yang ada di dalam (bathin). Hal itu merupakan bukti akan lemahnya kepribadian, tidak tahu terhadap kemampuan diri sendiri dan tidak percaya diri. Pasalnya, orang yang lemah akan condong bertaqlid pada sosok yang dia lihat memiliki kekuatan. Barangsiapa yang memiliki banyak keburukan pada dirinya, niscaya dia akan condong terhadap orang-orang yang memiliki kesamaan dengannya. Barangsiapa mencintai  suatu kaum, niscaya dia akan dikumpulkan bersamanya.

Allah Ta'ala berfirman :

"Dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu orang-orang yang telah sesat dahulunya (sebelum kedatangan Muhammad) dan mereka telah menyesatkan kebanyakan (manusia), dan mereka tersesat dari jalan yang lurus" (QS

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

"Dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu orang-orang yang telah sesat dahulunya (sebelum kedatangan Muhammad) dan mereka telah menyesatkan kebanyakan (manusia), dan mereka tersesat dari jalan yang lurus" (QS. Al-Maidah [5] : 77) 

Dari Ibnu 'Umar r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
"Barangsiapa meniru-niru suatu kaum, maka dia termasuk dalam golongannya" ---Shahiih Sunan Abii Daawud (II/761) (3401)

Dari 'Amru bin Syu'aib dari bapaknya, dari kakeknya r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
"Bukan termasuk golongan kami orang yang meniru-niru selain kami. Janganlah kalian meniru-niru kaum Yahudi dan Nashrani..." ---Shahihh Sunani 't-Tirmidzii (II/346) (2168).

Diantara bentuk meniru-niru (tasyabbuh) yang sering dilakukan sebagian wanita adalah memotong rambut dengan gaya orang-orang Barat yang aneh, yang tidak mencirikan sebagai kaum muslimin sedikit pun. Begitu pula memakai pakaian-pakaian yang menjadi ciri khas mereka yang membedakan dengan kaum muslimin.

100 Dosa yang Diremehkan WanitaWhere stories live. Discover now