(27) Meminta Talak Tanpa Ada Suatu Alasan

1.1K 50 0
                                    

Talak merupakan rahmat dari Allah kepada para hamba-Nya. Ketika sudah tidak ada lagi harapan hidup berdampingan antara sepasang suami istri dan keduanya amat sulit mengarungi bahtera rumah tangga bersama-sama, maka Islam memberikan solusi talak kepada keduanya agar masing-masing diantara mereka mencari pasangan yang cocok sehingga bisa merengkuh kebahagiaan bersama pasangannya.

Allah Ta'ala berfirman :

"Jika keduanya bercerai, maka Allah akan memberikan kecukupan kepada masing-masing dari limpahan karunia-Nya

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

"Jika keduanya bercerai, maka Allah akan memberikan kecukupan kepada masing-masing dari limpahan karunia-Nya. Dan Allah adalah Mahaluas (karunia-Nya) lagi Mahabijaksana" (QS. An-Nisa' [4] : 130)

Itulah obat mujarab untuk mengobati berbagai penyakit kesedihan dan nasib buruk. Namun terkadang talak menjadi senjata yang ampuh dan panah beracun antara suami istri jika pelaksanaannya melanggar aturan syari'at.

Demikianlah yang sering terjadi pada sebagian wanita, ketika dia marah kepada suaminya dengan entengnya berkata, "Ceraikan saja aku!"

Dari Tsauban r.a. diriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Siapa pun wanita yang meminta talak kepada suaminya tanpa ada suatu alasan, maka bau surga diharamkan baginya". --Shahiih Sunan 't-Tirmidzii (I/349) (948) dan Shahiih Sunan Ibni Maajah (I/349) (1672)

100 Dosa yang Diremehkan WanitaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang