(70) Ghibah

1.1K 69 0
                                    

Sesungguhnya kehormatan kaum mukminin adalah haram untuk dilecehkan sebagaimana darah dan harta mereka. Maka kita tidak boleh memperlihatkan cacat, cela dan aib mereka.
Namun sungguh sangat disayangkan, ghibah pada hari ini sudah menjadi santapan di setiap forum pertemuan dan menjadi kebiasaan yang senantiasa terulang-ulang di kebanyakan pertemuan kaum wanita. Sehingga hampir-hampir tidak ada satu majelis pun yang terhindar dari dosa yang amat besar dan berbahaya ini, kecuali yang dikehendaki oleh Allah.

Dari Abu Bakrah r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam pernah melewati dua kuburan, kemudian beliau shallallahu'alaihi wasallam bersabda :
"Sesungguhnya keduanya sedang disiksa. Keduanya disiksa bukan karena dosa besar. Yang pertama disiksa karena masalah buang air, sedangkan yang satunya disiksa karena masalah ghibah" ---Shahiih Sunan Ibni Maajah (I/62) (279)

Berapa banyak wanita yang lembut berubah menjadi pemangsa daging manusia! Duhai alangkah seramnya pemandangan ini dan alangkah buruknya berita ini!

Dari 'Abdullah bin Mas'ud r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata, "Ketika kami tengah bersama Nabi shallallahu'alaihi wasallam, tiba-tiba ada sesorang berdiri. Setelah itu ada orang lain yang mencela orang tersebut. Maka Nabi shallallahu'alaihi wasallam bersabda, "Bersihkanlah sela-sela gigimu!" Dia menimpali, "Mengapa harus aku bersihkan? Padahal aku tidak memakan daging!" Beliau shallallahu'alaihi wasallam bersabda, "Namun, engkau baru saja memakan daging saudaramu"
---
Diriwayatkan Abu Bakrah bin Syaibah dan Thabrani. Lihat Shahiihu 't-Targhiib wa 't-Tarhiib (III/78) (2837)

Dari Jabir bin 'Abdillah r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata, "Ketika kami sedang bersama Nabi shallallahu'alaihi wasallam, tiba-tiba tercium bau busuk. Maka Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda, "Tahukah kalian bau apakah ini? Ini adalah bau orang-orang yang mengghibah (membicarakan kejelekan) kaum mukminin" 
---Diriwayatkan oleh Ahmad dan IbnuAbi Dunya. Lihat Shahiihu 't-Targhiib wa 't-Tarhiib (III/79) (2840)

Barangsiapa mengekspos semua kejelekan dan cela kaum muslimin dan muslimat, berarti dia telah menyiapkan dirinya untuk disiksa dengan siksaan yang pedih dan kembali dalam keadaan yang menyedihkan.

Dari Anas bin Malik r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda :
"Ketika dimi'rajkan (diangkat ke langit), aku melewati suatu kaum yang memiliki kuku-kuku dari tembaga sedang mencakar-cakar wajah dan dada mereka. Aku pun bertanya, 'Siapakah mereka itu wahai Jibril?' Jibril a.s. menjawab, 'Mereka adalah orang-orang yang memakan daging manusia dan mencela kehormatannya'" ---Shahiih Sunan Abii Daawud (III/923) (4082)

100 Dosa yang Diremehkan WanitaWhere stories live. Discover now