(58) Memanjangkan Kuku

1.6K 79 0
                                    

Dien kita adalah dinul fithrah (agama fitrah), bersih, suci dan sempurna. Sesungguhnya Allah adalah Maha Indah dan mencintai keindahan. Diantara perkara hina yang sering dilakukan sebagian wanita adalah memanjangkan kuku mereka, sehingga menjadi seperti kuku-kuku serigala dan kuku-kuku elang buas yang dapat menghilangkan kelembutan, kesantunan dan kehalusannya sebagai seorang wanita.

Dari Ibnu 'Umar r.a. diriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
"Yang termasuk perkara fitrah adalah mencukur bulu kemaluan, memotong kuku-kuku dan mencukur kumis" ---Shahiihu 'l-Bukhaarii (VII/73) (5890)

Ia tidak boleh membiarkannya (tanpa dipotong) lebih dari empat puluh hari. Jika lebih dari empat puluh hari, maka ia berdosa. Jadi, ia disunnahkan untuk mencukurnya sebelum itu.
Dari Anas bin Malik r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata, "Kami diberi waktu untuk mencukur kumis, memotong kuku-kuku, mencukur bulu kemaluan dan mencabut bulu ketiak; yaitu tidak boleh membiarkannya lebih dari empat puluh hari" ---Shahiih Sunani 't-Tirmidzii (II/357) (2216) dan aslinya dalam Muslim

100 Dosa yang Diremehkan WanitaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang