(99) Mendiamkan Kerabat Muslim atau Muslimah

422 19 0
                                    

Salah satu kesalahan besar yang biasa dilakukan oleh sebagian kaum wanita adalah mendiamkan saudaranya dan memutuskan hubungan di antara mereka karena persoalan yang remeh-temeh yang Allah tidak menurunkan hujah kepadanya.

Ketika terjadi perselisihan dan permusuhan antara dua orang, maka masing-masing langsung memutuskan hubungan, sehingga tidak ada ucapan salam maupun tutur kata. Mereka saling mendiamkan selama berhari-hari dan bertahun-tahun. Musibah besar ini menjerumuskan keduanya ke dalam kebinasaan yang dahsyat.

Dari Abu Khirasy As-Sulami radhiallahu'anhu dirwayatkan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah ﷺ bersabda :
"Barangsiapa yang mendiamkan saudaranya selama setahun, maka dia seperti menumpahkan darahnya" ---Shahiih Sunan Abii Dawuud (III/928) (4107)

Dari Fadhalah bin 'Ubaid radhiallahu'anhu diriwayatkan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda :
"Barangsiapa mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari, maka dia akan dimasukkan ke dalam neraka, kecuali jika Allah menyelamatkan dirinya dengan rahmat-Nya" ---Diriwayatkan oleh Thabrani. Lihat Shahiihu 't-Targhiib wa 't-Tarhiib (III/51) (2761)

Dari Anas bin Malik radhiallahu'anhu diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah ﷺ bersabda :
"Janganlah kalian saling membenci, saling mendengki, saling membelakangi dan memutuskan (hubungan silaturrahmi). Jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara. Tidak halal bagi seorang muslim mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari" ---Shahiihu 'l-Bukhaarii (VII/116) (6065)

Jadi, janganlah saling bermusuhan atau mendiamkan. Akan tetapi salinglah berbicara, tolong-menolong, bantu-membantu dan saling menguatkan. Buatlah setan merugi!

100 Dosa yang Diremehkan WanitaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang