Tips Kepenulisan *

125 8 0
                                    

Kalau teman-teman serius ingin terjun di dunia menulis, kalian harus percaya diri. Ini penting menurutku, karena jika kita harus percaya sama kemampuan kita ... maka hasilnya akan positif. Kamu akan menyukai tulisan yang kamu tulis. Kamu bakal enjoy.

Dan ... jika kamu sudah percaya diri, kedua kamu harus disiplin. Disiplin sangat perlu dalam dunia kepenulisan. Kamu harus membiasakan diri untuk menulis setiap hari atau tepat waktu. Jangan menunda-nunda waktu menulis.

Jika sudah terbiasa, kamu akan menyukai kegiatan menulis itu. Kamu akan menjadikannya kebiasaan yang wajib dilakukan.

Ketika sudah percaya diri dan disiplin menulis setiap hari, minimal satu halaman sehari. Kemudian teman teman juga harus banyak membaca, menambah ilmu. Agar pembendaharaan kata meningkat dan banyak dan tulisan tidak akan membosankan. Dengan begitu pembaca akan menikmati tulisan kalian.

Menulis dan membaca adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Penulis harus banyak membaca untuk menambah ilmu.

Dan ketika teman-teman sudah ingin menulis cerita, sangat wajib untuk membuat plot terlebih dahulu agar tidak buntu di tengah jalan. Kalian harus tahu awal, tengah, dan akhir cerita.

Lalu ... jangan lupa kalian harus sungguh sungguh. Tulislah dengan tekun. Jangan mudah menyerah. Harus semangat. Jangan sedih dengan pembaca yang sedikit.

Tips biar pembaca kalian banyak; Kalian harus update setiap hari cerita kalian di wattpad, dengan sendirinya pembaca akan datang.

Dan tips untuk kalian yang ingin menerbitkan buku. Pertama, kalian harus tahu penerbit tersebut. Kalian harus mencari tahu tentang penerbit itu. Caranya gimana? Kalian beli buku terbitannya. Baca dan pelajari. Kesukaan penerbit tersebut naskah yang gimana?

Misal, jika penerbit tersebut suka pedas, jangan kalian kasih yang manis. Sama seperti pacaran. Kalian harus pendekatan. Kalau udah dekat (tahu kesukaan naskah yang dimau penerbit) kalian tinggal tembak (kirim naskah). Jadi, kalian jangan asal kirim naskah. Karena naskah itu ada jodohnya sendiri.

Sumber: lupa :v

Celengan PengetahuanWhere stories live. Discover now