Tips Produktif Menulis di Wattpad

25 2 0
                                    

Kita langsung ke materi saja ya. Kali ini saya akan memberi Tips Produktif Menulis di Wattpad.

Seringkali ketika menulis, pasti suka ada rasa malas menghampiri. Nah, gimana sih kak cara supaya kita gak malas nulis?

Aku mau sedikit berbagi pengalamanku saja selama nulis di wattpad menghasilkan 10 karya.

Tips Produktif Menulis di Wattpad

1. Biasakan Menulis setiap hari
Saat menulis, jangan lupa untuk menetapkan tujuan. Misalnya dengan membuat target cerita kamu harus selesai 3 bulan dan berkomitmen untuk mengharuskan diri menulis minimal 100 kata atau mungkin satu bab per harinya.

Sebisa mungkin kita harus bikin target, publishnya kapan dan sampai berapa kata per bab nya? Misal publish 1 bab nya hari Rabu dan 1500 kata, hari sebelumnya kalau lagi gak sibuk, saat pagi tulislah minimal 500 kata. Terus siangnya kalau gak sibuk lagi tulis 500 kata. Begitupun sore dan malam. Tulislah sesuai target kamu mau nulis berapa kata per babnya.

2. Hindari mengedit saat menulis
Menulis dan mengedit dalam satu waktu adalah hal yang paling terlarang untuk seorang penulis, karena akan membuang waktu dan menghambat proses kreatifmu saat menulis.

Lebih baik tuntaskan dulu tulisanmu itu, kalau sudah selesai barulah di edit.

3. Berhenti Bermain Sosial Media Sejenak
Kebiasaan kita untuk scrolling media sosial bisa menghambat laju proses kreatif dan suka lupa waktu. Terlalu asik main instagram, facebook, twitter, line dan sebagainya bisa membuang waktumu untuk menulis cerita.  Akan lebih baik jika kita keluar dulu dari akun sosial media sebentar untuk mulai menulis.

4. Menyeimbangkan Diri dengan Membaca Buku.
Tetap meluangkan waktu untuk membaca juga dapat menjadi salah satu faktor pendukung terciptanya motivasi menulis. Ketika membaca, dan banyak membaca, dapat membuat kita lebih kreatif karena menelan berbagai macam kosakata baru ataupun frasa untuk mengungkapkan sesuatu. Bahkan, dengan membaca kita bisa dapat inspirasi atau ide.

5. Beristirahatlah
Fokus itu perlu, tapi istirahat juga suatu keharusan. Jangan lupa untuk mengistirahatkan mata, jari, juga pikiran tiap satu jam sekali selama 10 menit. Jangan sampai kita terlalu fokus menulis, sampai lupa makan atau tidur hehe...

Refreshing sejenak, misalnya melihat pemandangan yang hijau untuk merelaksasi mata, sebelum kemudian kembali menulis. Tetap dalam kondisi yang sehat dapat menjaga konsistensi dalam menulis.

Tanya-jawab

#Adakah tips yang dapat membuat kita produktif dalam menulis dan dapat terhindar dari rasa bosan pada cerita yang mengakibatkan naskah terbengkalai?

+Tips yang membuat kita produktif menurutku sendiri yang paling utama itu Niat atau Tujuan kamu menulis cerita. Temukan alasan kenapa kamu harus nulis cerita itu? Untuk menghindari rasa bosan, jadikanlah tujuan menulis kamu itu sebagai motivasi. Misal, saya menulis cerita karena ingin tulisan saya bermanfaat bagi orang lain. maka tanamkan motivasi itu dalam hati kamu, supaya saat kamu buntu melanjutkan cerita itu, kamu ingat dengan tujuan awal nulis cerita itu.

#Gimana caranya kak biar nggak bosen dengan karakter tokoh dan sudah buntu untuk mencari tokoh lain. Gimana caranya juga buat memunculkan karakter yang berbeda?

+Gimana cara biar nggak bosen dengan karakter tokoh? Berdasarkan pengalaman aku sendiri. Aku selalu menciptakan karakter tokoh yang berbeda dengan cerita lain, ada ciri khasnya tersendiri. Sehingga pembaca dapat mengingat karakter tokoh ini ada di novel ini. Contohnya ya, karakter Farhan di novelku yang berjudul Bring me to Jannah. Awal2 karakternya pria dingin, stelah bertemu jodohnya dia menjadi pria yang romantis, atau kamu bisa membuat tokoh yang humoris biar pembaca gak jenuh hehe

Celengan PengetahuanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang