Tips Mendapatkan Ide dan Mengatasi Writing Block

50 1 0
                                    

》CARA MENDAPATKAN IDE DENGAN MUDAH

1. Banyak membaca. Aku sendiri, saat benar-benar tidak punya ide, pasti meluncur di wattpad atau pada artikel lain sebagai pembaca. Aku sibuuuk, nyari bacaan, apa aja deh, yang penting enak dibaca. Karena apa? Dengan membaca, wawasan kita akan menjad luas dan bisa aja dengan begitu ide baru akan tercetus.

2. Perhatikan peristiwa yang lagi booming. Contoh: bullying pada Audrey. Nah, dari berbagai macam peristiwa yang lagi booming, temen-temen bisa dan boleh banget mengangkat tema terkait peristiwa itu, dalam hal ini ‘bullying’.

3. Nonton film atau TV. Aku nih, ya kalau lagi stuck nggak ada ide untuk ngelanjutin cerita, pasti banyak nonton. Entah itu film, tv, mv dan sebagainya. Karenaa, terkadang ada aja gitu loh beberapa adegan di film tersebut yang nyambung dengan cerita yang kubikin. Bukan plagiat, ya. Tapi terinspirasi. Aku bakal mikir. Eh, gimana ya kalau misal part selanjutnya kubuat si karakter A tertabrak macem di film ini? Gitu. Jadi otomatis ada ide meski cuma potongan-potongan gitu loh. Intinya, ada stimulasi yang bisa mengacu ide kamu untuk terus melanjutkan cerita yang kamu buat.

4. Dengarkan musik. Selain nonton film, aku juga biasain dengarin musik apa saja. Kalau nggak ada ide sama sekali, aku akan coba hayati beberapa lagu. Dan biasanya, aku kalau dengar lagu tuh sambil ngayal gitu. Contoh, lagu tentang kekasih yang meninggal dunia. Nah, berarti kan udah ada ide tuh. Tinggal eksekusi aja.
[7/7 10:15] +62 823-4658-0940: 5. Lakukan riset. Nah, ini yang penting banget. Jangan asal nulis, temen-temen. Meski tulisan kita fiksi, tapi yang ditulis itu nggak boleh asal-asalan. Kalau riset untuk mencari ide, yang biasa kulakukan adalah buka kamus. Biasanya, aku akan mencari kata yang jarang dipakai. Misal espoir, itu artinya harapan. Nah, kata kunci udah dipegang, sisa kita mau gimana ngembangin kata kunci itu.

6. Amati orang. Biasanya kalian kalo ke mall ngapain? Kalau aku, biasanya nyempatin ngamatin orang. Hehehe. Tapi ya jangan ditatap macem udah mau ngebaca pikiran orang, yang ada mereka nyangka kalian pengintai atau lebih parah nyangka kalian naksir mereka wkwkwk. Sesekali aja. Biasanya kalau aku merhatiin orang, aku bakal berpikir. Misal, ya. Ada cewek lagi megang pisau. Ide akan berkelana dan mulai bertanya-tanya. Kira-kira, mau diapakan pisau itu? apakah untuk disimpan di dapur? Ataau justru untuk membunuh seseorang? Nah, dari ide itu, kembangin deh guys.

7. Catat pengalaman. Biasanya pengalaman itu justru yang paling mudah ya untuk ditulis. Misal, ya. Kita kaitkan dengan jalan-jalan ke mall tadi. Setelah melihat seseorang yang memegang pisau tadi, kamu memutuskan untuk ke toko buku. Nah, di sana, saat kamu lagi mau ngambil buku, tiba-tiba ada juga cowok yg mau ngambil buku yang sama dengan yg kamu mau. Hati kamu berdesir aneh karena dia cakep (uhuk). Nah, ide muncul lagi guysssss. Masukin aja pengalamanmu di cerita yang lagi kamu garap. Its okay, dan itu boleh-boleh aja.

8. Berkumpul bersama penulis lain. Di sini siapa aja yang sering ngumpul bareng penulis? Nggak musti meet up, kok. Punya grup seperti sekarang ini justru bisa juga memicu datangnya ide baru. Hehehe. Aku di grup penulis-penulis wattpad juga sering ngumpul, loh. Bahkan nggak jarang kita curhat-curhatan gitu yang ujung-ujungnya ngasilin satu karya. Curhatannya bukan soal menulis sih, soal pribadi juga boleh. Karena biasanya, solusi atau konklusi yg didapat dari hasil curhatan itu bisa dijadiin ide cerita, lohh!

CARA MENANGANI WRITERS BLOCK

Di sini udah ada yang pernah ngerasain writers block? Nah, aku kasi sedikit tips yang pernah kulakukan saat terkena writers block (dulu)

1. Cobalah menulis dua karya yang berbeda. Aku awal-awal nulis di wattpad, sering kayak gini. Itu pun karena emang lagi nggak sibuk-sibuknya. Tapi kalo kamu tipe yang nggak bisa fokus jika ada dua bahan tulisan, saranku fokus sama satu cerita saja dulu. Tips ini sebenarnya kalo diibaratkan tuh pelarian. Kalo lagi nggak ada ide di cerita yg satu, pindah ke cerita yang lain.

2. Beristirahatlah dari menulis selama beberapa lama. Ini yang lagi aku lakuin sekarang, hehe. Jadi aku emang udah ada jadwal nulis gitu. Dan kuusahain banget untuk menjeda beberapa jam. Jadi, ceritaku yang Imam-able ini, kuusahakan banget misal apdet hari ini, dan besok kugunakan untuk bersantai, dengar lagu, nonton film, dll. Lalu, akan kulanjutkan mengetik besoknya. Jadi otak ngerasa nggak dipaksa banget gitu.

3. Olahraga. Ya nggak usah yang berat-berat amat sih. Kan tubuh jadi kaku ya kalo nulis mulu.sekali-kali renggangin tubuh biar fresh lagi dan bisa diajak kompromi nyari ide baru.

4. Tidur siang. Kalian tipikal orang yang suka tidur siang? Kalau begitu, kita sama. Aku tipikal orang yang ide buntu kalau nggak tidur siang. Wkwkwk. Lagipula, aku kan biasanya suka nulis sorean same malem gitu. Jadi kudu tidur siang biar bisa fokus dan nggak nguap-nguap, kan ganggu banget ya, lagi ada ide eh malah ngantuk. Dan lagi, kalo di tidur siangmu lagi ada mimpi, kamu justru boleh menjadikannya referensi tulisan.

TIPS

MESKI KALIAN LAGI NGGAK ADA IDE. USAHAKAN BANGEEEEEET NULIS WALAU SATU KALIMAT. DENGAN BEGITU, IDE AKAN MUNCUL DENGAN SENDIRINYA.


Sumber: Windi Haruno

Celengan PengetahuanWhere stories live. Discover now