Mengubah Sampah Menjadi Barang Berguna

18 1 0
                                    

Konsep Zero waste itu sendiri adalah proses pengurangan volume sampah dan penanganan sampah sedini mungkin pada sumbernya hingga akhir dari pengelolaan sampah tersebut seminimal mungkin atau mendekati titik nol (0%).

Caranya:

 Menolak plastik, tisu dan sterofoam.

 Mempersiapkan wadah sendiri dari rumah ketika berencana membeli makan/minum diluar.

 Menghabiskan makanan, belanja sesuai kebutuhan. Menurut KLHK sampah yang paling banyak di TPA adalah sampah organik yang mencapai ±60%.

 Memilah sampah.

 Mengompos.

 Daur ulang.

Untuk lebih jelasnya mungkin  Selamat malam semua, saya Ikbal dari kertabumi klinik sampah. Kertabumi adalah platform edukasi pengolahan sampah. Kami melakukan RnD untuk mencari solusi alternatif dari permasalahan sampah di Indonesia. Bentuk edukasinya berupa video tutorial dan foto2 produk olahan daur ulang.

Sila cek: https://www.instagram.com/p/B2Ivm6iAqhH/?igshid=92y928swh260

Selamat malam, sahabat bumi. Malam ini kita akan belajar mengolah sampah yang menjadi dilemma besar yaitu; sampah kantong kresek.

Mengapa kresek menjadi dilemma besar?

Karena sampah jenis ini umum nya tidak diterima di bank sampah. Kalaupun ada bank sampah yang menerima, nilai jual nya sekitar Rp. 1.200 / kilo (sekitar 50 lembar kresek). Dengan nilai jual serendah itu, sedikit sekali bank sampah / industri daur ulang yang mau menerima. Sehingga hampir seluruh sampah kantong kresek akan berakhir di TPA atau alam.

Proses daur ulang yang akan kita pelajari hari ini, akan memberikan nyawa kedua untuk sampah kresek ini, rata-rata kita hanya memakai kantong kresek sekitar 30 menit. Dengan metode ini, kita dapat memperpanjang umut kantong kresek sampai tahunan.

Bicara kantong kresek, pada umumnya di indonesia, sampah kresek ada 3 jenis;

1. HDPE; biasa di pakai di pasar traditional dan modern. Ciri-ciri nya, plastik elastik.

2. LDPE; biasa di pakai di toko baju. Ciri-ciri nya, plastik tidak elastik dan mengkilat.

3. PP; biasanya untuk makanan / food grade, ciri-cirinya, bening biasa ada di toko roti.

Ketika proses daur ulang, harus memisahkan berdasarkan jenis plastiknya. Karena setiap jenis plastik punya titik lebur yang berbeda-beda. Tapi ke-3 jenis plastik tersebut dapat didaur ulang

Pengolahan sampah kresek yang dapat dilakukan di rumah tangga, yang akan kita pelajari hari ini;

1. Heat press tanpa jahit
2. Hear press dengan jahit

Berikut adalah tutorial tanpa mesin jahit:

https://www.instagram.com/p/BzILYw9A8YO/?igshid=10l5d2j8rp9ts

https://youtu.be/Omcc8HU0Mbg

https://youtu.be/pwAW0Q0BPTY

Ini adalah dengan mesin jahit:
Produk nya seperti ini
https://www.instagram.com/p/BqO440pgV9J/?igshid=5y9yh3681smu

Seputar Tanya-Jawab

Tanya

1. Kan plastik kresek itu ada yang sudah dipilah dan ada yang sebelumnya masih tercampur dengan sampah organik maupun anorganik lainnya,lalu bagaimana kita membuat sampah plastik tersebut menjadi lebih bersih/ steril dari kuman dan bakteri sebelum didaur ulang?apakah hanya sekedar dicuci atau dicuci dengan ditambah cairan tertentu untuk menghilangkan bakteri dan bau nya.

2. Apakah plastik kresek daur ulang boleh digunakan untuk mengemas dan apakah plastik  kresek daur ulang itu berbahaya bagi kesehatan?

3. Dari ketiga jenis kantong plastik yg kakak sebut tdi, manakah yg lebih bagus utk didaur ulang? Dan apakah teknik pengelolaan dari ketiga jenis kantong plastik tsb sama atau ada perbedaan teknik pengelolaannya?

4. Kalo misal smpah plastik terurainya lama puluhan bhkn mungkin ratusan tahun, klo misal org trsbut ndk mau daur ulang lbih simple ny d bakar gmn kak?

Jawab

1. Yang kita daur ulang adalah kresek bersih langsung dr sumber utama; rumah tangga. Klo kresek yang sudah terkontaminasi makanan, klasikasinya jadi residu, biasanya tidak akan didaur ulang karena costnya tinggi. Tp apabila mau dilakukan, cukup dicuci pakai sabun cuci piring dan dijemur.

2. Produk daur ulang kresek tidak food grade, jadi jgn dipakai yg berhubungan dengan makanan.

3. Paling bagus HDPE, perbedaan nya cuma di suhu dan lamanya proses heat press. Harus dicoba lsg masing2.

4. Waaah. Tidak direkomendasikan untuk dibakar ya teman-teman.

Nah. Ada cara terbaik untuk tidak menghasilkan sampah. Yaitu mengurangi pemakaian plastik sekali pakai dari awal.

Dampaknya ke lingkungan dan kesehatan.

Ada cara paling baik selain dibakar adalah dengan menjadikannya ecobrick. Apa itu ecobrick?

Jadi ecobrick itu adalah bata ramah lingkungan. Yang bahannya adalah sampah anorganik yang dipadatkan kedalam botol mineral.

Sampah2 yang bisa masuk ecobrick adalah plastik kresek, sterofoam, pipet, sendok plastik. Jadi tidak hanya sampah minuman kemasan.

Daripada sampah minuman sachetnya dimasukkn ecobrick, lebih baik didaur ulang menjadi tas.

Sumber: Ikbal

Celengan PengetahuanWhere stories live. Discover now