Tips Agar Cerita Menjadi Menarik

53 2 0
                                    

Baiklah kita mulai saja materi kita pada malam hari ini. Tema kita malam ini adalah "Tips agar cerita menjadi menarik".

Di saat seperti sekarang ini kalian semua jelas mungkin sudah banyak tahu jika minat menulis mulai banyak diminati seiring dengan semakin banyaknya jenis aplikasi-aplikasi dan berbagai wadah yang bisa di gunakan untuk menuangkan ide-ide menarik menjadi sebuah cerita atau karangan. Dan tak jarang pula banyak dari kita termasuk saya merasa kurang puas dan merasa jika karya milik orang lain jauh lebih baik dari pada karya diri sendiri. Tapi itu sebenarnya bukan menjadi tolak ukur bagi kamu untuk menyerah dan membiarkan ide-ide dan inspirasi cemerlangmu terabaikan begitu saja.

Selama menulis kalian mungkin akan merasa bosan dan jenuh serta terlintas dipikiran kalian untuk menyerah dan membiarkan tulisan terbengkalai tanpa ada minat untuk melanjutkan lagi tulisan yang sudah dibuat. Terkadang ketika difase ini kalian akan merasa jika pikiran kalian terasa penuh dengan beban dan semangat kalian untuk menulis pun jadi berkurang hingga akhirnya kamu memilih untuk tidak melanjutkan tulisanmu lagi

Berikut sedikit ulasan yang mungkin bisa menjadi motivasi untuk tetap melanjutkan tulisan kalian.

1. Banyaklah bergabung dengan komunitas-komunitas literasi online/offline

Di era digital seperti sekarang, kita semua pasti sudah tahu jika komunitas menulis tidak hanya di bentuk secara offline tapi juga sekarang sudah ada onlinenya juga. Dengan bergabung bersama komunitas literasi akan mempermudah kalian dan akan memdapat banyak pembelajaran tentang menulis yang belum kamu ketahui. Dan juga disini kalian bisa meminta pendapat serta menyalurkan keluhan kalian agar bisa mendapat motivasi dari para pembimbing yang ada dalam komunitas yang kalian ikuti.

2. Atur waktu menulis dengan baik

Menulis itu sebuah hobi bukan? Jadi bisa dilakukan ketika kalian memiliki waktu luang. Penempatan waktu yang salah ketika menulis bisa membuat ceritamu tidak maksimal karna arah pikiranmu tidak hanya terarah pada satu hal tapi ada banyak hal. Misal kalian melakukannya saat kamu juga sedang melakukan pekerjaan lain apakah hasilnya akan maksimal tentu saja tidak. Ada baiknya ketika menulis dilakukan disela hari libur atau pun ketika setelah subuh karna pada saat jam-jam seperti ini kondisi tubuh serta otak lebih segar dan bisa membantumu untuk menuntaskan tulisanmu sampai akhir.

3. Cari inspirasi baru

Semua hal yang menyangkut untuk menulis sudah disiapkan bahkan sudah sempurna, tapi motivasi menulis menurun? Nah jika sudah terjadi seperti ini artinya kamu harus mencari inspirasi baru yang bisa membangkitkan motivasi menulismu. Bisa dengan mendatangi tempat atau suasana baru yang bisa kamu jadikan sebagai bahan inspirasimu. Bisa saja inspirasi datang dari orang-orang terdekatmu atau dari sosok idola yang kau kagumi dalam dunia literasi. Coba untuk melihat atau mencari tahu tentang sepak terjang mereka saat mulai menulis dan jadikan itu sebagai motivasi untuk melanjutkan karya menulis kalian yang sempat menurun. inspirasi sebenarnya juga bisa datang dari mana saja.

4. Mempunyai wadah menulis yang mendukung

Akan terasa sangat menyenangkan bila kita bisa berbagi apa yang kita miliki dengan orang lain, seperti halnya menulis. Jika selama ini kalian hanya menulis dibuku atau di komputer kalian tanpa ada satu orang pun yang tahu itu artinya tulisanmu tidak ada gunanya. Jaman semakin canggih dan bermacam-macam aplikasi mendukung yang bisa membantumu menyalurkan karya tulisanmu, jadi dengan hadirnya aplikasi-aplikasi ini akan lebih mempermudahkan dan membuatmu merasa bangga akan tulisanmu ketika dilihat dan dibaca oleh banyak orang dan kamu akan merasa ceritamu lebih bermanfaat. Salah satu contoh wadah yang mendukung adalah aplikasi wattpad atau yang lainnya.

Nah itu merupakan sedikit motivasi kalian bisa mencari dari banyak referensi lain selain dari 4 motivasi diatas.

Selanjutnya adalah beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum kamu mulai menulis.

Celengan PengetahuanDonde viven las historias. Descúbrelo ahora