Tips Lulus Beasiswa S1 Dan Berprestasi Di Tingkat Internasional

20 0 0
                                    

Assalamualaikum. Halo semua salam kenal, Aku Falasifah, saat ini aku sedang menempuh pendidikan di Biologi UNDIP
Selain kuliah aku juga sudah bekerja di perusahaan riset serta sedang mengabdi di komunitas seangle semarang yang aku inisiasi bersama kawan kawan dan komunitas lingkungan lainya
Selama menempuh pendidikan S1 ini aku alhamdulilah mendapatkan 3 beasiswa sekaligus.

Bicara masalah beasiswa 3 beasiswa itu tidak aku terima secara bersamaan.

Awalnya aku dapet beasiswa bidikmisi selanjutnya dapet beastudi etos dan kemudian diakhir perkuliahanku aku dapet beasiswa aktivis nusantara (Baktinusa).

Dalam mendapatkan beasiswa hal pertama yang aku lakukan adalah memantaskan diri.

Memantaskan diri sebagai sorang penerima beasiswa
Sejak SMA aku sangat suka bercengkrama dengan internet
Maksutnya lebih ke mencari informasi yang pengen aku tau dan eksekusi.

Dan point penting yang aku dapetin lebih ke apasih kualifikasi untuk dapet beasiswa itu. Dari situ aku belajar untuk menjadi orang yang sesuai beasiswa itu. Dan banyak hal yang tidak kusangka ternyata aku juga memenuhi beasiswa selain beasiswa yang aku incar.

Jika kamu mengejar beasiwa sebenrnya kita harus tau dulu mana yang kita kejar dan kira kira apa yang kita bisa persiapkan sejak dini. Karena tidak bisa kita sim salabim jadi seorang yang diinginkan beasiswa itu secara singkat.

Misalnya aku punya sedikit cerita menarik mengenai beasiswa BAKTINUSA yang saat ini aku terima.

Jujur dari semester 1 sampai semester 6 aku tidak pernah mendengar beasiswa aktivis nusantara. Tapi ketika pembukaanya tiba tiba aku mendapatkan info dan seluruh kualifikasinya ada di aku
Akhirnya aku coba untuk mendaftarkan diri mengingat aku juga suka dengan pengembangan potensi yang ditawarkan. Dan alhamdulilah aku diterima dari ribuan pendaftar hanya 75 orang dari seluruh pendaftar.

Dan BAKTINUSA adalah beasiswa yang menurut aku seleksinya sangat ketat dibanding beasiswa lainya yang aku terima.

Nah bagaimana dengan bidikmisi dan etos?

Bidikmisi barang pasti aku siapkan semejak aku SMA begitupun etos.

Bidikmisi adalah beasiswa dari ristek dikti untuk keluarga kurang mampu dan berpotensi, begitupun etos, namun etos dinaungi oleh Dompet Dhuafa Pendidikan. Persayaratan secara umum bidikmisi dan etos sama namun fasilitas yang diberikan berbeda sehingga diperbolehkan mendapatkan dua beasiswa ini.

Jika bidikmisi lebih mengcover kampus seperti ukt dan uang saku. Namun etos lebih mensupport asrama dan pembinaan sumber daya manusia.

Bidikmisi
Bidikmisi adalah program beasiswa Dikti berupa pemberian bantuan biaya hidup dan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa yang sesuai kriteria berikut :

* Berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi
* Memiliki prestasi akademik yang baik
* Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi.
* Mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Alur pendaftaran:
1. Rekomendasi dari sekalolah
2. Daftar melalui https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
3. Setelah selesai mendaftar Bidikmisi, maka selanjutnya mendaftarkan diri mengikuti pada jalur seleksi yang dibuka oleh Perguruan Tinggi yang anda tuju. Misalnya jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, UMPN, Jalur Mandiri PTN atau Jalur Mandiri PTS.

Persyaratan Beasiswa Bidikmisi
Persyaratan untuk mendaftar tahun 2019 adalah sebagai berikut:
1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2019, memiliki identitas berupa NISN dan NPSN yang valid di PDSPK.
2. Lulusan tahun 2018 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
1. Siswa Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau
2. Pendapatan kotor gabungan orang Tua/Wali (suami istri) maksimal sebesar Rp4.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya.

Celengan PengetahuanWhere stories live. Discover now