Teknik Marketing

24 0 0
                                    

Dalam dunia marketing (pemasaran), teknik atau strategi pemasaran yang kita pilih akan menentukan ... sejauh apa keberhasilan kita sesuai dengan apa yang kita harapkan. Sebanyak apa pencapaian yang kita peroleh berdasarkan target yang telah kita tetapkan.

Teknik marketing merupakan elemen penting dan mendasar dalam dunia bisnis. Tanpanya, sehebat apapun bisnis yang kita geluti ... sebesar apapun bisnis yang sudah kita bangun ... hasilnya akan gitu-gitu ajah jika kita tidak memahami ilmunya.

Eh, kok Sea ngomongin bisnis, sih. Emang kita sekarang sedang berbisnis?

Sea katakan, "IYA."

Saat ini, secara tidak langsung, teman-teman sudah masuk dalam Lingkaran Bisnis Bersama Penerbit Edwrite ... entah sebagai penulis ataupun resellers. Tentu saja, dengan kegiatan yang sama, yaitu memasarkan produk-produk pelatihan Edwrite dan buku-buku karya para peserta MMB.

Masih ingat, ya, MMB itu apaan?

Kalau lupa, silahkan baca penjelasan Sea sebelumnya.

Oleh karena itu, agar ikhtiar kita maksimal ... izinkan Sea (sebagai perwakilan Edwrite) untuk berbagi sedikit ilmu tentang pemasaran.

Sea pertegas, ya ... di sini, kita saling belajar bersama. Jika teman-teman memiliki ilmu atau teknik-teknik lainnya, bolehlah saling berbagi. Semoga dengan cara seperti ini, apa yang kita upayakan dapat berhasil sesuai target pencapaian aamiin allaahumma aamiin.

Kita kembali lagi ke topik utama.

Dalam dunia bisnis, kita tentunya tidak asing lagi dengan istilah hard selling dan soft selling. Kedua istilah tersebut merupakan bagian dari sistem atau metode pemasaran.

Nah, ini nih ... silahkan dikosongin dulu embernya agar ilmu kali ini bisa tertampung, gak tumpeh-tumpeh 😁

》STRATEGI PEMASARAN HARD SELLING

Meskipun penjualan dilakukan secara blak-blakan, penjual tetap harus memperhatikan strategi apa yang akan ia gunakan. Ini penting banget ... lagi-lagi untuk keberhasilan target pencapaian.

Berikut Sea paparkan beberapa strategi yang dapat kita gunakan.
1️⃣ Berikan Potongan Harga
2️⃣ Buy 1 Get 1
Beli Satu Gratis Satu
3️⃣ Berikan Doorprize atau Give Away
Konsumen tuh paling demen klo beli sesuatu yang ada hadiahnya.
4️⃣ Bundling
Nah, ini nih yang biasanya dicari konsumen, membeli barang dengan sistem paket yang harganya lebih murah dibandingkan jika membelinya secara terpisah.
5️⃣ Gunakan Kata-kata 'Dibatasi' atau 'Terbatas'.
Secara tidak langsung, akan membuat konsumen tergerak untuk beli ... karena takut kehabisan stok.

Dalam strategi ini, biasanya menggunakan yang tidak bertele-tele. Langsung pada sasaran.

Sederhananya seperti ini, "Ini lho, aku jualan blablabla. Kamu minat, gak? Kalau minat, silahkan beli. Kalau gak, mah, ya ... gak usah."

Prinsipnya Take it or leave it ... ambil atau tinggalkan.

Agak kasar, memang ... tapi di situlah seninya.

》TEKNIK PEMASARAN SOFT SELLING

Sesuai dengan makna kata 'soft', yaitu halus, tersirat, terselubung. Jadi, teknik ini merupakan teknik pemasaran yang dilakukan secara tersirat.

Penjual akan menonjolkan nilai-nilai manfaat atau kelebihan dari produknya. Penekananya di sini. Hal inilah yang membuat konsumen secara tidak langsung, tergerak untuk membelinya setelah menilai manfaat produk tersebut.

Notabene, penjual memberikan semacam edukasi (pendidikan) atau wawasan tentang suatu hal ... yang ujung-ujungnya bakal nyambung dengan produk jualannya.

Intinya, kita menghipnotis calon konsumen secara halus.

Promosi ini memiliki beberapa strategi, meliputi:

1️⃣ Gunakan Bahasa Story Telling
Misalnya kita ingin menjual buku dengan judul How to Train Your Dog. Di sini, kita menjelaskan manfaat melatih anjing peliharaan kita untuk apa, sih? Apa, sih, bedanya jika kita memiliki anjing yang terlatih dan bukan?

Jadi, kita mengawali promosi kita dengan menceritakan beberapa pertanyaan itu. Lalu, ujung-ujungnya kita kaitkan dengan buku tersebut.

2️⃣ Berikan Sample Produk
Pembeli tuh kebanyakan suka nyoba-nyoba dulu sebelum beli.

Teknik ini cocok banget buat pembeli macam itu. Kita tinggal memperlihatkan contoh produk yang kita jual.

3️⃣ Gunakan Gambar Atraktif dan Ikonik
Sudah menjadi kewajaran, lah, ya ... jika promosi yang menggunakan gambar-gambar eye catching lebih banyak diminati ketimbang penampilan produk yang dibuat asal-asalan.

Klo Sea pribadi, lebih suka menggunakan gambar dengan quote sebagai pengantar atau media promosi terselubung 😆

4️⃣ Berikan Give Away
Berikan hadiah atau bonus.

5️⃣ Berikan Informasi yang Relevan Terkait Produk

Misalnya, kita jualan salad sayur.

Nah, berikan pemahaman betapa pentingnya konsumsi sayur bagi tubuh kita. Jika pembaca sudah tersugesti bahwa makan sayur itu penting sekali, mereka bakalan beli jualan kita, kok.

Sumber: Sea Woelandari

Ps: Yuk, yang belum ikut PO buku (chap info PO buku), segera amankan kursimu! Ada bonus plus plusnya, lho :-)

Ps: Yuk, yang belum ikut PO buku (chap info PO buku), segera amankan kursimu! Ada bonus plus plusnya, lho :-)

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.
Celengan PengetahuanWhere stories live. Discover now