Puisi Anekdot

33 0 0
                                    

🔖Pengertian Puisi Anekdot

Apa ya yang dimaksud dengan puisi anekdot? Teman-teman tahu apa itu puisi? Dan apa itu anekdot? Semoga sudah ya. Namun demikian, izinkan aku mencoba untuk menguraikannya secara singkat dan perlahan-lahan; karena bagiku puisi anekdot ini lumayan rumit jika dibandingkan dengan cerita anekdot pada umumnya.

Puisi anekdot merupakan salah satu bentuk teks anekdot; tentunya bentuk ini adalah puisi (lho kok muter-muter!).

Sebagaimana puisi, maka teks atau bahasa yang digunakan dalam puisi anekdot memiliki sifat-sifat puitik, simbolik, padat dan sedikit sukar dicerna; tidak segamblang cerita anekdot yang ditulis dalam bahasa yang sederhana dan komunikatif, puisi anekdot cenderung lebih bersifat ambigu (meski ada juga kok, banyak juga sih puisi anekdot yang ditulis dengan bahasa yang lugas).

Puisi anekdot tidak serta-merta berasal dari goresan bahasa hati yang paling dalam (cieileee) karena anekdot itu sendiri merupakan teks yang berasal dari peristiwa nyata (subjek-subjek penting atau peristiwa sosial penting yang menyangkut hidup banyak orang).

Umumnya puisi anekdot merupakan jenis puisi yang satir berisikan kritikan atau sindiran terhadap tokoh-tokoh tertentu atau kritik terhadap kehidupan sosial.

Bila kamu suka puisi, pasti kamu tidak asing dengan banyaknya puisi yang berpretensi untuk mengkritik kehidupan sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan lain sebagainya. Tak jarang penyair yang demikian ini dibenci pemerintah, ditangkap, dipenjarakan, atau bahkan hilang entah kemana.

Setidaknya inilah yang dialami penyair besar seperti WS rendra (yang pernah ditangkap gara-gara syairnya) atau penyair yang saat ini namanya kembali terangkat melalui film; wiji thukul (yang hilang entah kemana).

Demikianlah, puisi-puisi serius di Indonesia cenderung merupakan anekdot yang berperan sebagai mata pisau kritik sekaligus cakrawala untuk membuka mata dan hati pembacanya.

🔖Puisi Anekdot Lucu

Puisi anekdot lucu merupakan salah satu jenis puisi anekdot yang dibuat dengan bahasa atau peristiwa unik dengan sentuhan 'main-main' sehingga menimbulkan kesan lucu sekaligus pedas nan getir.

Bahasa lucu dalam puisi anekdot merupakan salah satu teknik penulisan puisi yang tujuannya tidak sesederhana untuk menimbulkan gelak tawa sebagaimana teks humor, namun lebih dalam dari hal itu, puisi anekdot lucu merupakan salah satu cara untuk berdamai dengan kehidupan yang keras dan pahit.

Adakah puisi anekdot yang tidak lucu? Banyak sekali, bila kamu baca puisi Saut Situmorang, misalnya, kamu akan menemukan nada kritik yang keras dan pedas dengan bahasa kasar yang puitik.

Sementara itu, penyair seperti Joko Pinurbo merupakan salah satu contoh penyair yang puisi-puisinya cenderung lucu namun penuh kedalaman (Joko Pinurbo sering mengeksplorasi wilayah spiritual dengan puisi naratifnya yang santai dan tak jarang menimbulkan senyum dan tawa sekaligus membuat pembacanya kembali berdialog dengan sisi kelam kehidupannya.

Seperti apa sih puisi anekdot lucu itu? Pada bagian berikutnya aku akan memberikan beberapa contoh puisi anekdot yang aku anggap lucu dan unik. Setidaknya menurutku ada unsur lucunya karena bagaimanapun juga sesuatu yang lucu sangatlah relative sehingga aku tidak terlalu yakin juga kalau puisi-puisi ini juga lucu buatmu.

Namun demikian, perlu teman-teman garis bawahi bahwa puisi anekdot lucu sangat berbeda dengan teks humor yang mungkin bisa membuatmu tertawa puas ketika membacanya; puisi anekdot lucu (bagiku) adalah suatu upaya untuk menertawakan hidup yang pahit.

Sumber: KAL (grup ngoas puisi)

Celengan PengetahuanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang