Cara Praktis Menulis Puisi

31 1 0
                                    

Selamat malam semua. Kita tak perlu terlalu berteori ya krn jaman sekarang ilmu apapun sudah mudah terakses di media online. Sekedar pengantar ini ada beberapa tips menulis puisi dari bunda.

Teknik Praktis Menulis Puisi.

Puisi adalah maha karya yang lahir dari hasil imaji seseorang berdasarkan fakta, kejadian yang membekas bagi penulis itu sendiri atau orang lain. Menulis puisi maupun tulisan fiksi lainnya tetap berpijak pada fakta yang kemudian berkolaborasi dengan dunia imajinasi penulis.

Menulis puisi memang nampak mudah tapi tetap butuh pengetahuan, instuisi yang tajam dan otak yang cerdas.

Beberapa point di bawah adalah teknik praktis ala saya berdasarkan pengalaman selama ini yang tentunya tidak sama bagi setiap penulis puisi.

1. Membaca
Jangan mengaku mau jadi penulis jika tak suka membaca. Dengan membaca kosa kata, ide, dan pengalaman batin kita terasah.

2. Membaca

3. Membaca

Point membaca saya ulang karena memang sesungguhnya modal dasar seorang penulis adalah membaca.

4. Menulis
Setelah membaca tekadkan niat untuk menulis jangan pernah menundanya. Tulis saja jangan takut salah, jangan merasa tidak bisa. Mulailah menulis hal-hal yang berkaitan dengan diri anda. Biasanya pemula tergantung moody. Nah kalau lagi punya masalah ya tuangkan saja ke dalam tulisan. Pakai metode curhat daripada curhat di medsos lebih baik asah diri menulis di words.

Manfaatkan medsos untuk pamer karya saja atau tulislah clue tulisan tapi dengan tagar khusus penanda itu adalah ide.

5. Berkomunitas
Setelah menulis, tentunya kita membutuhkan pembaca yang satu jalur yaitu kepenulisan. Gabunglah dengan beberapa komunitas, berbaur dengan rendah hati lalu setiap selesai menulis, kirim ke komunitas dengan memohon kritikan yang jujur, saran untuk karya yang lebih baik. Jangan pernah mengharap pujian karena pujian justeru sering melenakan dan membuat kita jalan di tempat.

6 Reward
Setiap menyelesaikan tulisan berilah penghargaan ke diri anda, seperti jalan, membaca bacaan yang anda sukai.

7. Menulis
Kembalilah menulis jangan cuma bermimpi jadi penulis tapi baru setengah jalan sudah puas.

Selamat menulis.

Sumber: Arniyaty Amin

Celengan PengetahuanHikayelerin yaşadığı yer. Şimdi keşfedin