Menjadi Penulis Kreatif Dan Inovatif

68 4 0
                                    

Kata Pak Dito, untuk menjadi penulis, hal yang paling dasar adalah niat. Kita harus memiliki niat yang tulus untuk mencari Ridho Allah, sehingga kita bisa menjadi penulis yang menginspirasi banyak orang. So, hal yang paling Utama adalah NIAT.

Dan yang kedua, menjadi seorang penulis kita harus memiliki motivasi. Jika kita tidak memiliki motivasi dalam menulis, maka tulisan kita akan menjadi hambar. So kita harus memiliki motivasi dalam menulis.

Yang ketiga adalah kita harus memiliki semangat. Entah semangat dari dalan diri atau ada semangat dari luar. Bisa dari keluarga, teman, ataupun juga bisa DOI yang memberi semangat. Kita juga bisa bergabung dengan Komunitas Sastra, seperti Komunitas Sastra Jatim ini, yang memberikan semangat kepada kita untuk terus berkarya. So, we must have a big Spirit ya teman-teman semua.

Berikutnya adalah kita harus sering membaca, banyaklah membaca agar kita bisa memiliki kosa kata yang banyak, jadi kita bisa memilih diksi yang bervarian tidak hanya itu-itu saja. Bisa dicatata di buku note kalian ya teman-teman.

Selanjutnya, kita sebagai seorang Penulis harus sering berlatih dan berlatih, agar karya kita menjadi indah dan sempurna.

Yang keenam adalah kita harus beristiqomah(konsisten), jika tulisan kita dikritik oleh penerbit, kita tidak boleh putus asa dan berhenti dalan menulis. Kita harus istiqomah dalam menulis dab optimis jika kita bisa menjadi penulis yang hebat dan sukses.

Yang ketujuh adalah Istirahat, kita perlu jeda untuk memberikan kualitas yang baik kepada suatu karya. Kita tidak menulis terlebih dahulu, kita bisa mencari inspirasi dulu untuk menulis, bisa dengan jalan-jalan ke toko buku, berorganisasi dengan komunitas sastra, mengikuti seminar online tentang kepenulisan, dan lain-lain.

Kedelapan, kita harus banyak berorganisasi dengan komunitas kepenulisan, agar kita mendapatkan saran, dan semangat, dan suatu hal yang menarik untuk dituliskan dalan karya-karya kita.

Kesembilan adalah kita harus menghindari plagiasisasi(COPY PASTE) karya orang lain.

Terakhir, kita harus memiliki bahagia. Jika kita memiliki rasa bahagia, maka kita bisa menulis dengan lancar, dan inspirasi terus nengalir ke otak kita.

Silakan klik:
http://www.famindonesia.com/2012/09/seni-menulis-kreatif-dan-jenius.html?m=1

Sumber: Dito Anurogo

Celengan PengetahuanWhere stories live. Discover now