Tips Belajar Bahasa Arab dan Menghafal Al-Qur'an

153 5 0
                                    

TIPS BELAJAR BAHASA ARAB DAN TIPS MENGHAFAL AL-QUR'AN

Tips untuk belajar bahasa Arab.

Saya beri istilah dengan belajar Bahasa Ala Bayi.
Kalo teman2 inget waktu kalian masih bayi, kira2 gimana cara belajar bahasanya?

Yup, dulu waktu masih bayi kita mulai belajar bahasa dari mendengar kemudian mengucapkan setelah itu membaca dan terakhir menulis.

Yok kita jabarin biar lebih jelas lagi khususnya dalam bahasa Arab.

Pertama, Mendengar. Dulu waktu masih bayi hal yg pertama kita lakukan untuk belajar bahasa yaitu mendengar. Jadi kalo kalian pengen pinter bahasa Arab sering2 denger hal2 yg berbau bahasa Arab.

Yang Kedua yaitu, Mengucapkan. Setelah kita sering dengar bahasa Arab, kita harus sering praktekin dlm kehidupan sehari2 biar kalimatnya gak ilang.

Berhubungan dengan ini, sebenernya kita bisa narik kesimpulan kalo belajar bahasa Arab itu sebaiknya dimulai dengan mempelajari bahasanya BUKAN tata Bahasanya.

Kenapa??

Karena balik lagi waktu kita masih bayi, kita pertama kali belajar bahasa Indonesia itu bukan mahamin gimana ngomong pake kaedah SPOK kan, tapi kita langsung ngomong aja tanpa peduliin tata bahasanya, pada saat kita sudah bisa Bahasa Indonesia baru setelah itu kita pelajari Istilah2 kaedah bahasa Indonesia yang benar atau kita sebut Ejaan Bahasa Indonesia/EYD. Dan setelah itu baru kita mulai belajar membacanya dan terakhir menulis.

Tips Menghafal Al-Qur'an.

Sebelum saya memulai bahas tentang gimana saya menghafal Al-Qur'an, saya pengen ngingetin teman2 bahwasanya sebelum kalian memulai ingin ngafal, biasakan untuk terus memperbaiki niat, jangan jadikan tujuan untuk menghafal Al-Qur'an biar dipandang oleh orang, ataupun pengen dijadiin sombong2an, atau karena pengen dapat jodoh yang baik.
Lurusin niat dulu, bersihin niatnya dari hal2 yang bersifat duniawi, karena kalian bakalan menghadapi banyak cobaan dan tantangan kalo sudah mulai menghafal.

Tahapan apa aja sih yang harus dilaluin untuk ngafal Al-Qur'an?

Pertama pastikan bahwa bacaan Al-Qur'an kalian sudah bener sesuai tajwid. Kenapa? Karena kalo kita menghafal berarti kita akan mengingat ayat2 Al-Qur'an. Naah kalo kita nginget ayat Al-Qur'an tapi bacaannya salah terus gimana dong? Ya hasilnya yang diinget pasti juga dengan cara yang salah, dan karena sudah kita hafal sejak lama, akhirnya kebiasaan salah dari hafalan itu susah untuk dirubah.

Kedua sering2 denger murottal. Usahakan kalian setiap hari dengerin murottal, dengan cara kalian buat target dalam satu bulan ini saya harus dengerin murottal juz 30 selama 1 bulan, atau kalo mau lebih intens lagi, kalian buat target selama sebulan saya harus nyetelin murottal surah An-Naba' selama sebulan.

Ini cara paling mudah untuk diterapin. Lagu aja kalo sering kita puterin pasti bakalan kita hafal.

Dari pengalaman saya sendiri, saya hafal juz Amma banyak dikitnya karena orang tua saya nyetelin murottal setiap hari.

Ketiga Murojaah atau mengulang hafalan. Ini tahapan yang paling susah dan jadi kewajiban seumur hidup kalo kita sudah menghafal Al-Qur'an.
Karena kalo kita hafal kemudian kita lupa itu namanya bukan hafal, tapi pernah hafal.

Terus cara murojaah yang bagus itu gimana?

Bagi kalian yang baru mulai ngafal, cepet2 kalian banyakin jumlah murojaahnya, jangan nambah hafalannya lebih banyak dari pada murojaahnya. Ini bakalan nyusahin diri kalian sendiri.

Bagi kalian yang sudah banyak hafalan dan banyak hafalan yang lupa, sebaiknya kalian fokusin ke hafalan yang hampir lupa atau lupa beneran. Ulangin bagian itu terus menerus sampai kalian merasa puas. Karena pernah ngerasain gimana keselnya kalo hafalan kita gak lancar, tapi kalo udah lancar baca 1 juz itu paling lama itu 30 menit, dan rasa bahagianya punya hafalan lancar itu gak bisa dijelasin.

Ini pengalaman saya sendiri. Saya belajar bahasa Arab bukan dimulai dari Nahwu atau Shorof. Saya mulai belajar bahasa Arab dari belajar percakapan dan bacaan kayak cerita dan berita.
Karena kalo kita mulai dari belajar Nahwu dan Shorof itu bakalan lebih sulit.

Motivasi untuk jadi motivator itu sebenernya sederhana kok cuman krn pengen mereka ngerasain apa yg saya rasain.

Kalo bahasa Arab, karena semakin lama kalian pelajarin Bahasa Arab dan kalian pahamin Al-Quran, kalian bakalan lebih mencintai bahasa Arab. Sedangkan Al-Qur'an ini biar jadi pengingat dari kesibukan dunia ini, karena pada akhirnya Al-Qur'an inilah yang bakalan membantu.

Saya pernah kok ngalamin malasnya murojaah, ditambah lagi kesibukan kuliah dan organisasi. Tapi lama kelamaan ngerasa kayak gelisah dan ada yg kurang dlm hidup ini.

Biar termotivasi utk murojaah, coba kalian liat channel youtube Murojaah Indonesia atau Instagramnya deh. Atau cari kawan yg emg bisa nyemangatin utk ngafal dan murojaah Al-Qur'an.

Kalo saya sendiri ngerasa klo hafalan gak lancar itu tantangan biar kita lebih deket sama Allah.

Nah, ini juga saya alamin waktu sibuk2nya kegiatan. Kalo sekolah/kuliah kita cuman punya waktu abis subuh dan malam, itupun klo gak malas utk murojaah.

Tapi kalian harus tanamin dalam benak kalian, Al-Qur'an inilah yang buat hidup kita semakin berkah dan semakin lancar, ketika kita sudah dikasih itu semua tapi malah berpaling dgn kesibukan kita, apakah kita bakalan termasuk orang yang bersyukur?? Pastinya enggak.
Dan kalian harus menyisihkan waktu utk Al-Qur'an jangan menyisakan.

Menghafal itu harus ada kemauan yang kuat dan harus bener2 usaha buat fokus. Menghafal juga bukan sekedar perihal kepandaian, dengan kemauan yang kuat dan disertai doa maka datanglah hidayah agar dimudahkan dalam menghafal. Karena ilmu itu pertama kali turun ke ruh manusia, setelah itu baru mengalir ke akal.

Berarti harus dicari tempat belajar bahasa Arab atau orang yg bisa jadi guru bahasa Arab.
Metode menghafal itu beda2 dan gak bisa disamain utk seluruh orang, krn kita punya kepribadian masing2.

Pentingnya utk nyetorin hafalan yg sudah kita punya ke orang lain itu salah satunya utk benerin apa yg sebenarnya salah tp kita gak sadari, bisa juga utk ngatasin keraguan atas hafalan yg sudah hafal.

Maksiat dan amal baik adalah 2 hal yang berlawanan dan tidak bisa menyatu. Banyak juga yang begini, maksiat terus tapi hafalannya ya gitu2 aja tetap lancar dan ngak hilang. Nah itu yang lebih bahaya, tandanya allah bukan menyayangimu akan tetapi sedang mengazabmu dengan membiarkanmu agar lebih banyak menambahkan dosa dosamu.

Bahasa Arab itu bahasa yg banyak dipake di dunia, selain itu bahasa Arab banyak membantu orang utk bisa mahamin literatur bahasa Arab yang jumlahnya jutaan dan masih banyak yg belum diterjemahin. Atau biar bisa nikah sama orang Arab, mungkin.

Ada cara yg kurang tepat dlm pengajaran bahasa Arab selama ini, banyak yg mulai dari tata bahasa, tapi kenyataannya itu buat orang banyak putus asa duluan utk belajar bahasa Arab.
Disamping itu, merasa bahasa Arab yg sudah dianggap kuno, akhirnya orang banyak beralih utk belajar bahasa Arab ditambah lagi selalu mempersalahkan Kaedah bahasa, dibandingin ngembangin metode belajar bahasa.

Lalu untuk menghafal tanpa guru itu tidak bisa, bahkan dilarang. Karena kita perlu guru utk menerima setoran hafalan kita. Dan dgn bantuan guru kita bakalan dimudahkan utk mengetahui hal2 yg blm kita pelajarin.

Jangan ragu2 utk ngafal, karena bakalan banyak dapat kemudahan dalam hidup kita maupun dalam proses menghafal. Cara ngilangin keraguan itu dgn terus berusaha semaksimal mungkin

Yang perlu kalian ingat, kunci dari memahami Islam itu Bahasa Arab, jadi Semangatlah kalian untuk terus belajar bahasa Arab.

Sumber: Muhammad Hafiz

Celengan PengetahuanHikayelerin yaşadığı yer. Şimdi keşfedin