Menulis di Blog

39 3 0
                                    

Era digitalisasi yang kian tak terbendung, menghadirkan ruang menulis yang terbuka lebar. Siapa sangka, blog yang dulunya hanya sebatas diary online, saat ini sudah merambah menjadi media yang cukup menjanjikan.

Ada banyak cara untuk mendapat penghasilan.dari blog. Terlebih, era informasi yang semakin pesat, membuat peluang ini kian beragam.

Bagi seorang Bligger atau seorang yang sering bermain blog, pasti tidak asing dengan Google Adsense. Ya, siapa yang tak mengenal Google Adsense, salah satu cara menghasilkan uang dari blog yang utama. Banyak orang tergiur untuk jadi publisher Adsense, karena penghasilannya bisa mencapai jutaan sampai puluhan juta per bulan.

Namun, tak mudah untuk bisa diterima jadi publisher, sehingga tak jarang banyak yang putus asa dan menyerah untuk ngeblog. Sebab, dirasa sudah tak memiliki masa depan yang menjanjikan.
Ada satu hal yang jarang diketahui oleh Blogger, bahwa penghasilan dari blog tidak hanya Adsense. Masih ada sumber penghasilan lain yang bisa digali.

Seperti job Content Placement dan Sponsored Post.

Apa itu Content Placement dan Sponsored Post?
Simplenya, Content Placement dan Sponsored Post itu endorse-nya Blogger. Jadi nggak cuma selebgram yang bisa endorse. Blogger juga bisa.
Bedanya, Content Placement itu naskah sudah ada dari klien atau brand. Kita tinggal posting atau edit sesuai keinginan lalu publish di blog. Fee-nya berkisar 100.000-300.000. Kalau Sponsored Post, artikel kita yang nulis lalu di publish di blog. Fee-nya mulai dari 300-lebih tergantung kesepakatan. Saat ini banyak brand-brand maupun startup yang mencari Blogger untuk di ajak kerja sama. Saya sendiri sudah bekerja sama dengan Jendela 360, Kredivo, dan Ilotte

Perlu diketahui, besarnya fee Content Placement dan Sponsored Post tergantung dari nilai DA dan PA blog.
Apa itu DA dan PA Blog?
Simplenya begini, DA dan PA blog itu memengaruhi seberapa populer blog kita.

Kita juga bisa menjual karya sendiri di blog sebagai tambahan penghasilan seperti jual buku atau ebook. Jika sudah memiliki trafik (pengunjung) yang tinggi, kita juga bisa menyediakan space iklan untuk ditawarkan. Kuncinya, untuk bisa kaya kaya dari blog, kita harus punya konten yang berkualitas. Dengan kata lain, kemampuan menulis menjadi modal utama untuk mendapat penghasilan dari blog. Itulah cara menambah penghasilan dari blog.

Mau menulis di mana saja tak masalah menurut saya. Kuncinya, enjoynya di mana. Jika di UC News dibayar dan menghasilkan silakan lanjutkan. Jika tidak, sebaiknya di blog, karena bisa jadi tulisan itu akan menghasilkan nantinya.

Ngeblog bisa lewat android. Tapi akan kesulitan untuk membangun blog. Untuk memulai ngeblog, silakan buat konten yang berkualitas. Itu modal utama sukses ngeblog.

Membuat blog populer promosikan pada orang yang tepat. Konten apa saja bisa populer asal promosinya tepat sasaran.

Cara mendapatkan content placement dan sponsored post dengan menyediakan kontak di blog. Bisa juga gabung ke grup yang menawarkan job untuk Blogger.

Langkah-langkah membuat blog

1. Masuk ke blogger.com
2. Pilih tema
3. Buat domain

Siapa pun bisa jadi Blogger.

Promosikan blog ke orang yang tepat agar banyak visitor. Topik apa pun bisa populer. Jumlah follower yang besar bisa buat endorse. Tips ngeblog yaitu enjoy menulis.

Fee content adalah Honor menulis kita.

DA itu simplenya beberapa populer domain yang kita miliki. Maksudnya seberapa dikenal nama domain kita. PA seberapa populer blog kita. Sediakan kontak untuk dapat job.

Untuk mendapatkan google adsense sebaiknya dengan domain berbayar agar lebih mudah approved.

SEO itu optimasi konten agar mudah muncul di pencarian.

Untuk jadi Blogger, harus konsisten. Rajin nulis. Pantang nyerah. Biarlah orang menganggap kita pengangguran, tapi bisa gajian dari ngeblog tiap bulan.

Kesimpulan:
1. Setiap orang bisa berpenghasilan lewat blog
2. Untuk meningkatkan performa blog harus rutin membuat konten menarik
3. Cari informasi sebanyak-banyaknya peluang penghasilan, ikut grup misalnya. Dan jangan lupa cantumkan kontak.
4. Desain blog rapi, mudah diakses, tidak banyak widget yang tidak perlu.

Sumber: Sekolah Creator

Celengan PengetahuanWhere stories live. Discover now