Blog

18 1 0
                                    

Apa itu blog? Apasih kegunaannya?? Terus apa itu blogging dan blogger? Apa perbedaan blog dengan website?? Bisa nggak sih blog itu menghasilkan??

Apa itu Blog?

"Weblog" atau blog merupakan tempat atau wadah untuk memuat beragam informasi. Blog biasanya dikelola satu maupun beberapa orang, meskipun begitu biasanya tetap berfokus pada satu topik.

Apasih kegunaannya?

Selain sebagai wadah atau tempat informasi, blog juga memiliki kegunaan lain. Contohnya, ketika kalian ingin membagikan hobi maupun kisah kalian ke pengguna internet, tanpa harus menjadi teman ataupun memfollownya. Bisa juga sebagai sarana para pebisnis untuk menjelaskan menganai produk yang dijualnya sehingga mampu meningkatkan kepahaman calon konsumen kepada produk yang dijualnya. Dan masih banyak lagi kegunaan blog lainnya.

Terus apa sih Blogging dan Blogger?

Blogging merupakan aktivitas menulis dan menggelola blog dengan memanfaatkan tool digital yang ada diinternet.

Blogger  merupakan orang yang membuat dan mengelola blog, membagikan pandangan serta perspektif mereka ke audience secara online baik untuk tujuan pribadi maupun bisnis.

Jadi Blogging itu "aktivitasnya" sedangkan Blogger itu "orangnya".

Nah terus blog sama website beda gak sih??

Banyak yang menganggap blog dan website adalah dua hal yang hampir sama. Terlebih lagi banyak perusahaan yang menggunakan blog dan website di saat bersamaan sehingga perbedaan dua format ini cukup membingungkan. Memang sepertinya susah untuk membedakan kedua platform tersebut, tapi sebenarnya ada poin-poin khusus yang menjadikan blog dan website berbeda.

Blog, memiliki konten yang harus terus-menerus diperbarui dan dikelola. Lebih jauh lagi, kalian harus menggunakan desain yang menarik untuk mencuri perhatian audience dan memaksimalkan keunggulan yang dimiliki. Salah satu contohnya adalah dengan mengaktifkan kolom komentar sehingga pengunjung situs bisa menuliskan pikiran atau kritikannya.

Website, di sisi lain, cenderung ‘statis’ – tidak harus selalu diupdate. Saat masuk ke sebuah blog, kalian pasti melihat bahwa kontennya selalu baru. Hal ini berbeda ketika mengunjungi sebuah website, Anda akan lihat bahwa hampir semuanya sama dan tidak ada perubahan.

Selain konten yang terus diperbarui, ada cara lain untuk melihat perbedaan blog dan website. Blog memiliki tanggal publishing, referensi author, kategori, dan tag dalam byline. Meskipun tidak semua blog punya elemen ini, website malah tidak memilikinya sama sekali.

Sebenernya ada penjelasan lagi mengenai hosting dan domain.
Itu akan kita bahas di diskusi atau pelatihan selanjutnya.

Bisa nggak sih blog itu menghasilkan?

Tentu saja bisa. Karena blog terkadang dipakai untuk bisnis, yaitu untuk menjelaskan produk maupun kelebihannya. Selain itu blog juga bisa menghasilkan yaitu dengan adsense, adsense sendiri merupakan penghasilan apresiasi dari google karena kalian sudah aktif dan blog kalian dinilai layak untuk adsense tersebut.

Ngomong-ngomong soal adsense. Sebenernya apa sih adsense itu?? Sistemnya gimana sih?? Terus apa syaratnya??

Oke kita bahas satu-satu lagi...

Apasih adsense itu??

Google adsense merupakan sebuah layanan program jasa periklanan yang dikelola oleh google. Setiap pemilik blog atau website di seluruh dunia dapat menggunakan program ini.

Sistemnya bagaimana sih di adsense?

Jadi ketika kalian sudah terdaftar di google adsense, kalian bisa menampilkan iklan di blog atau website kalian. Iklan yang ditampilkan bisa menyerupai video, text, gambar atau text beserta gambar yang nantinya sudah diatur oleh google. Nah untuk metodenya sendiri ada dua, yaitu per klik dan per tayang.

Untuk per klik sendiri kalian akan dibayar setiap ada orang yang mengklik iklan yang muncul di blog kalian. Nah selain itu ada yang pertayang, untuk pertayang sendiri sekitar 1000 tayang. Jadi kalau blog kalian setiap hari ada pengunjungnya tetep ada penghasilannya meskipun tanpa ada yang mengklik iklan tersebut.

Terus syaratnya biar bisa daftar adsense apa sih??

Sebenernya di Q&A google adsense sudah ada penjelasannya kok. Tapi akan saya bantu menyebutkan pokok-pokok pentingnya.

1. Web yang sudah berusia minimal 3 bulan. Ini bukan patokan pokok karena ada yang 6 bulan baru bisa daftar, ada juga yang 1 tahun baru bisa daftar, ada lagi yang lebih lama lagi.

2. Konten yang sudah dipost sudah lumayan banyak.

3. Jumlah viewers blog kalian sudah ada ratusan. Bukan viewers harian ya, tapi total viewers seluruhnya.

Mungkin itu tiga pokok penting dalam hal pendaftaran adsense, sisanya tinggal keputusan dari google apakah blog kalian layak menerima adsense atau tidak.

Mungkin ini aja dulu yang bisa saya sampaikan, sisanya kita bahas di diskusi kita malam ini.


Sumber: Afif Yung

Celengan PengetahuanWhere stories live. Discover now