Tips Kepenulisan ***

76 5 0
                                    

Saya enggak akan share tentang ilmu kepenulisan, karena selain saya masih faqir ilmu, saya yakin kalau kalian semua pasti sudah dapat banyak ilmu tentang kepenulisan. Yang saya mau sharing malam ini adalah tentang semangat. Tentang sebuah impian yang awalnya kita pikir enggak mungkin, itu bisa jadi mungkin kalau kita  semangat, punya mimpi dan pantang menyerah. Caranya dengan tidak gampang putus-asa. Walaupun tulisan belum banyak yang baca atau malah belum ada yang mau baca, jangan sedih. Percaya dan yakin kalau semua punya jalannya masing-masing. Tetap optimis itu yang pasti.

Saya awal menulis di wattpad yang baca hanya 5 orang, itu juga teman sendiri. Semua memang butuh waktu. Proses yang akan menjadikan kita bertambah yakin kalau enggak ada yang sia-sia. Tahun 2016 menjadi tahun yang membekas di hati, sebab di tahun itu kali pertama coretan saya dilamar penerbit dan terbit novel. Saya percaya bahwa proses dan kerja keras tidak akan menghianati hasil, tentunya yang paling utama karena campur tangan Allah.

Jadi buat kalian semua yang sudah nulis tapi kok belum banyak yang baca, atau belum bisa mencapai view yang diinginkan, jangan sedih jangan putus-asa, tetap optimis dan yakin.

Buat kalian semua yang ingin menjadi penulis. Jangan pernah takut dan malu untuk menunjukkan karya kalian, dan terus semangat dalam berkarya. Jika mengalami stuck atau writen block kalian jangan patah semangat.

Untuk membuat cerita yang bisa mendeskripsikan si penulis, itu tergantung dengan si penulis itu sendiri. Karena setiap orang cara penyampaianya berbeda-beda dan itu yang membuat seseorang itu punya ciri khasnya sendiri.

Sumber: Chanty (WS EAT DAN RADEN PUSTAKA WORKSHOP)

Celengan PengetahuanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang