Strategi Menulis Kreatif

17 1 0
                                    

Seminar pada malam hari ini mengusung tema "Strategi Menulis Kreatif" yang akan dikupas tuntas secara langsung oleh salah satu Penulis Wattpad.

Zaman now, tiap orang boleh punya kehebatan masing-masing. Tapi itu semua tidak menjadi berarti bila tidak dituliskan.

Perasaan, pengetahuan, bahkan pengalaman sehebat apapun. Menjadi tidak berguna dan tidak diapresiasi orang lain karena tidak dituliskan. Ide dan gagasan sebesar apapun. Sama sekali tidak berguna jika hanya sebatas ide tanpa mau dituliskan secara nyata. Untuk itu, sangat dibutuhkan kemampuan "menulis kreatif".

Menulis kreatif memang tidak mudah tapi bukan berarti tidak bisa. Menulis kreatif seringkali menjadi momok bagi banyak orang.

Mengapa? Karena menulis dianggap susah alias sulit. Bisa jadi iya. Karena mungkin selama ini, menulis lebih dilihat sebagai pelajaran, sebagai teori.  Padahal hakikatnya, menulis adalah sebuah perilaku yang sangat membutuhkan keberanian. Sungguh, menulis tidak membutuhkan ruang kuliah atau buku semata. Tapi menulis adalah perbuatan, tindakan nyata untuk menuangkan ide dan gagasan secara tertulis.

Resep terbaik dalam menulis adalah
tulis, tulis, dan tulis. Bukan niat, niat lalu lenyap

Selain menulis sebagai proses, menulis kreatif pun bertumpu pada mentalitas kreatif. Mentalitas untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda dari kebanyakan orang. Berbeda karena tidak biasa. Kreatif itu ada pada diri setiap orang. Karena kreatif adalah potensi. Bukan soal besar atau kecil kreativitas. Tapi bagaimana cara kita menemukan dan memperlalukan potensi kreatif yang kita miliki.

Apa aja sih kak strategi dalam menulis kreatif?

Kuy simak seminar kepenulisan ini sampai selesai yaaa.

Persiapan sebelum menulis

Seorang penulis yang akan memulai pekerjaan menulis biasanya tidak langsung duduk dan bekerja. Ada langkah persiapan yang diperlukan menjelang menulis. Persiapan-persiapan ini berguna agar pada saat bekerja nantinya tidak banyak kendala/gangguan dan proses menulis bisa lancar.

Inilah beberapa persiapan itu :

1. Berdoalah sebelum bekerja.

Berdoa membuat penulis akan lebih khusyuk bekerja, lebih damai pula hatinya. Keyakinan bahwa menulis/mengarang adalah salah satu bentuk ibadah kepada Tuhan dan wujud dari niat berbagi kepada sesama hendaknya menjadi landasan dalam berkarya.

2. Sediakan referensi utama dari berbagai sumber yang dipandang perlu.
Misalnya, dari buku, majalah, koran, internet, yang berkaitan dengan tema naskah yang Anda tulis. Letakkan dia di sebelah komputer/laptop Anda. Dengan demikian, Anda dapat segera membukanya sebagai sumber pustaka untuk melengkapi tulisan Anda.

3. Sediakan kamus.
Kamus Besar Bahasa Indonesia atau Kamus Inggris-Indonesia atau lainnya yang lengkap hendaknya diletakkan tidak jauh dari jangkauan Anda. Kamus sangat diperlukan karena sewaktu-waktu Anda akan membutuhkan penulisan yang benar untuk kata tertentu dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris, atau bahasa asing lainnya. Mungkin saja Anda belum merasa yakin sepenuhnya dengan penulisan suatu kata tertentu sebelum memastikannya di kamus. Untuk menghindari kesalahan penulisan itu, peran kamus sangat penting.

4. Sediakan PUEBI
Ini juga penting tatkala penulis hendak memastikan penulisan kata, seperti kata ganti, kata depan, gabungan kata, dan partikel dalam bahasa Indonesia. PUEBI juga diperlukan dalam memahami penulisan unsur serapan, karena bahasa Indonesia menyerap unsur dari berbagai bahasa lain, baik dari bahasa daerah maupun dari bahasa asing.

5. Sediakan kata-kata mutiara dan/atau ucapan para tokoh terkenal di bidangnya.
Ini akan membantu memperkuat pesan pada tulisan Anda. Jangan segan-segan mengutip satu-dua ucapan sang tokoh yang relevan dan sisipkan pada tulisan Anda. Jangan lupa, cantumkan sumber/nama orang yang menulis/mengucapkannya.

Celengan PengetahuanWhere stories live. Discover now